DINDA , AYU MUSLIMAH (2024) PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS 1 DI SD NEGERI 5 JATIMULYO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK -DINDA AYU MUSLIMAH.pdf Download (218Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL - DINDA AYU MUSLIMAH.pdf Restricted to Hanya staf Download (2554Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN -DINDA AYU MUSLIMAH.pdf Download (2477Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran membaca permulaan merupakan program yang dirancang dengan tujuan untuk peserta didik kelas rendah agar memiliki kemampuan membaca permulaan yang baik. Kemampuan membaca permulaan di kelas kurang baik, ini terlihat dari peserta didik yang belum lancar membaca permulaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran membaca permulaan peserta didik, dengan sub fokus penelitian (1) implementasi metode membaca permulaan dan (2) faktor-faktor yang memengaruhi pembelajaran membaca permulaan peserta didik kelas 1 SD Negeri 5 Jatimulyo. Data dianalisis deskriptif kualitatif dengan software nvivo. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian yaitu pendidik, peserta didik, kepala sekolah, orang tua, dan pengawas sekolah. Hasil penelitian menunjukkan metode membaca permulaan yang diimplementasikan pendidik kelas 1 SD Negeri 5 Jatimulyo yaitu metode kupas rangkai suku kata, metode kata lembaga, metode bunyi, metode abjad, metode SAS dan metode global. Faktor yang memengaruhi pembelajaran diantaranya faktor internal motivasi belajar yaitu tidak aktif dalam belajar dan cepat putus asa, serta faktor internal rasa percaya diri yaitu tidak berani mengungkapkan pendapat dan tidak berani mengajukan diri. Faktor eksternal yang memengaruhi yaitu pendidik tidak merencanakan pembelajaran seperti modul ajar, tidak menggunakan media pembelajaran, dan perhatian orang tua dalam pemberian penghargaan dan hukuman tergolong rendah. Kata Kunci: kelas 1, pembelajaran, peserta didik, SD Beginning reading learning is a program designed with the aim of lower grade students having good beginning reading skills. Beginning reading skills in class are not good, this can be seen from students who are not yet fluent in beginning reading. This research aims to describe students' initial reading learning, with research sub-focuses (1) implementation of initial reading methods and (2) factors that influence students' initial reading learning in first class of SD Negeri 5 Jatimulyo. The data was analyzed descriptively qualitatively using nvivo software. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. Data sources in research are educators, students, school principals, parents and school supervisors. The results of the research show that the initial reading methods implemented by first grade educators at SD Negeri 5 Jatimulyo are the syllable parsing method, the institutional word method, the sound method, the alphabet method, the SAS method and the global method. Factors that influence learning include the internal factor of learning motivation, namely not being active in learning and quickly giving up, as well as the internal factor of self-confidence, namely not having the courage to express opinions and not having the courage to volunteer. External factors that influence are educators not planning learning such as teaching modules, not using learning media, and parental attention in giving rewards and punishments is relatively low. Keywords: elementary school, first grade, learning, students
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
Date Deposited: | 06 May 2025 03:36 |
Terakhir diubah: | 06 May 2025 03:36 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86619 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |