PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI I PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2010/2011

0413052047, TRISNA GAYUH WIJAYANTI (2011) PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI I PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2010/2011. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR tabel.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
persembahan.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
snwacana.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434Kb)
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa yang rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah penggunaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X di SMA Negeri I Pringsewu tahun pelajaran 2010/2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X di SMA Negeri I Pringsewu tahun pelajaran 2010/2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest, dan dianalisis dengan menggunakan uji t. Subyek penelitian ini adalah delapan orang siswa kelas X SMA Negeri I Pringsewu yang memiliki motivasi belajar yang rendah. Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukkan bahwa penggunaan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh t =17,898. Kemudian dibandingkan dengan t tabel 0,05 = 1,895. Karena t hitung > t maka, Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan signifikan antara skor motivasi belajar sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan dengan layanan bimbingan kelompok kepada sampel penelitian. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas X SMA Negeri I Pringsewu Tahun Pelajaran 2010/2011. Saran yang diberikan adalah (1) kepada siswa yang menjadi subjek penelitian agar bisa meningkatkan motivasi belajarnya dengan mengikuti layanan bimbingan kelompok, agar bisa meningkatkan motivasi belajar, hendaknya siswa dapat mengatur waktu belajar, mempelajari dan menerapkan manajemen waktu belajarnya dengan baik (2)Kepada guru bimbingan dan konseling hendaknya dapat membantu dan membimbing siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok, serta membantu siswa dalam memanajemen waktu belajar dengan baik.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: UPT . TIK6
Date Deposited: 21 Apr 2015 07:59
Last Modified: 09 Sep 2015 07:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8662

Actions (login required)

View Item View Item