Maria , - (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA MATERI MENYAJIKAN PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI DI SMA PERINTIS 2 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
ABSTRAK_MARIA -.pdf Download (349Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
Tesis Full Maria Magister teknologi Pendidikan -.pdf Restricted to Hanya staf Download (2835Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
Tesis Tanpa Pembahasan_Maria_Magsiter Teknologi Pendidikan -.pdf Download (2253Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Fakta empris menunjukkan bahwa buku pedoman ekonomi digunakan hanya terbatas pada pengajaran materi untuk menanamkan pengetahuan kepada peserta didik, sehingga kemampuan peserta didik untuk berpikir logis, kritis, rasional dan menciptakan pengetahuan masih tergolong rendah sehingga perlu dikembangkan sumber belajar lainnya yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis potensi dan kondisi, (2) proses pengembangan karakteristik e-modul, (3) efektivitas pengembangan e-modul, (4) efisiensi penggunaan e-modul (5) kemenarikan pengembangan media e-modul. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick & Carey yang proses pengembangannya hanya sampai pada tahap 9. Penelitian ini menggunakan 30 sampel peserta didik kelas XII SMA Perintis 2 Bandar Lampung. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, kuesioner, angket, instrumen non tes dan tes. Hasil penelitian diketahui (1) kebutuhan pengembangan produk sebagai media pembelajaran didukung juga dengan karakteristik guru dan peserta didik yang membutuhkan media belajar berbasis digital; (2) pengembangan produk dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan awal pembelajaran akuntansi. Pengembangan media menggunakan model penelitian pengembangan Dick and Carey. Media. pembelajaran berbasis e-modul mampu meningkatkan kemampuan untuk memahami konsep lebih baik dan memungkinkan untuk meningkatkan kemampuan kognitif seperti memunculkan kreativitas, logika, mengambil keputusan dan belajar lebih efektif; (3) Karakteristik E-modul menyajikan masalah-masalah nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa, masalah yang disajikan cukup kompleks untuk menantang dan mendorong siswa untuk berpikir kritis dan analitis (4) ada pengaruh efektivitas pengembangan e-modul untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan hasil uji tes N-Gain mendapatkan skor rata-rata (g) ≥ 0,70 dengan tingkat efektivitas tinggi. Sedangkan hipotesis pengembangan menunjukkan 0,000 < 0,05 ; (5) Kemenarikan pengembangan produk mendapatkan hasil rata-rata 91,8%; Secara keseluruhan, e-modul berbasis PBL menciptakan lingkungan belajar yang menantang dan kaya konteks. Kata Kunci : Pengembangan Media E-Modul, Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Persamaan Akuntansi SMA Economic handbooks are used only limited to teaching material to instil knowledge to students, so that the ability of students to think logically, critically, rationally and create knowledge is still relatively low so it is necessary to develop other learning resources that are in accordance with the characteristics of students. This study aims to (1) analyse the potential and conditions, (2) the process of developing e-module characteristics, (3) the effectiveness of e-module development, (4) the efficiency of e module use (5) the attractiveness of e-module media development . This research uses the Dick & Carey development model whose development process only reaches stage 9. This study used 30 samples of class XII students of SMA Perintis 2 Bandar Lampung. Data collection methods used documentation, questionnaires, questionnaires, non-test instruments and tests. The results of the study found (1) the need for product development as learning media is also supported by the characteristics of teachers and students who need digital-based learning-based media; (2) product development is carried out based on the initial needs analysis of accounting learning. E-module-based learning is able to improve the ability to understand concepts better and allows to improve cognitive abilities such as bringing up creativity, logic, making decisions and learning more effectively; (3) E module characteristics present real problems that are relevant to students' daily lives, the problems presented are complex enough to challenge and encourage students to think critically and analytically (4) there is an effect of the effectiveness of e-module development to improve higher-level thinking skills with the results of the N-Gain test test getting an average score (g) ≥ 0.70 with a high level of effectiveness. While the development hypothesis shows 0.000 <0.05 (5) The attractiveness of product development gets an average result of 91.8%. Overall, PBL-based e-modules create a challenging and context rich learning environment. Keywords : E-Module Media Development, Problem Based Learning, Higher Level Thinking Skills, High School Accounting Equations
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 600 Teknologi (ilmu terapan) |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Teknologi Pendidikan |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 06 May 2025 06:10 |
Terakhir diubah: | 06 May 2025 06:10 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86627 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |