PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Mathla’ul Anwar Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2009/2010)

0543021001, Agus Mara (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Mathla’ul Anwar Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2009/2010). UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (199Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (168Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (62Kb) | Preview

Abstrak

Keberhasilan pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Hasil belajar matematika di kelas VIII-A SMP Mathla’ul Anwar Bandarlampung uji blok ke-1 semester genap tahun pelajaran 2009/2010 rendah. Aktivitas belajar siswa di kelas tersebut juga rendah dalam proses pembelajaran, dan model pembelajaran yang diterapkan berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII-A SMP Mathla’ul Anwar Bandarlampung melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan reflkeksi. Data penelitian terdiri dari data aktivitas dan hasil belajar siswa. Data aktivitas siswa diperoleh dari observasi aktivitas siswa selama berlangsungnya pembelajaran. Data hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil tes yang diberikan pada setiap akhir siklus. Penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-A SMP Mathla’ul Anwar Bandarlampung tahun pelajaran 2009/2010, yang ditandai oleh persentase siswa aktif dan persentase siswa tuntas belajar yang meningkat pada akhir siklus. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT . TIK6
Date Deposited: 21 Apr 2015 07:58
Last Modified: 11 Sep 2015 07:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8666

Actions (login required)

View Item View Item