0543021039, Rima Kurnia (2011) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI BERBASIS KOMIK MATEMATIKA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Studi pada Siswa Kelas IVA SDN 01 Tanjung Jaya Lampung Tengah ). UNSPECIFIED.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover dalam.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar riwayat hidup.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab I.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab II.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab III.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
File PDF
bab IV(1).pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (68Kb) |
||
|
File PDF
bab V.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (20Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran matematika di kelas IV A SD Negeri 1 Tanjung Jaya Lampung Tengah belum memberikan hasil yang optimal. Aktivitas belajar rendah, hasil belajar juga rendah, khususnya pada ulangan harian pokok bahasan sifat-sifat hitung bilangan cacah. Banyaknya siswa yang tuntas adalah 11 dari 25 siswa dengan persentase 44%. Rendahnya aktivitas siswa dilihat dari pembelajaran yang masih didominasi guru, karena masih sering menggunakan pembelajaran langsung . Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu adanya upaya yang dilakukan guru untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan membuat siswa lebih aktif sehingga dapat berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. Metode pem-belajaran yang dapat digunakan adalah metode diskusi yang dipadukan dengan komik matematika. Berdasarkan hasil analisis data setelah menggunakan metode pembelajaran diskusi yang dipadukan dengan komik matematika pada SD Negeri 1 Tanjung Rima kurnia Jaya terlihat terjadinya peningkatan persentase siswa yang aktif pada siklus I, II, dan III dari 30%, 46%, ke 76%, sedangkan persentase siswa tuntas pada siklus I, II, dan III adalah 48%, 68%, dan 76%. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa telah mencapai indikator tang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi berbasis komik matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV A SD Negeri 1 anjung Jaya Lampung Tengah semester ganjil Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil belajar, Komik Matematika, Metode Diskusi.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 21 Apr 2015 07:59 |
Terakhir diubah: | 11 Sep 2015 07:40 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8668 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |