PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI

AYNUN , DINDA PRATIWI (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_3 - Aynun Dinda.pdf

Download (110Kb) | Preview
[img] File PDF
AYNUN RV TAPE 12 _2 - Aynun Dinda.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2252Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
AYNUN RV TAPE 12 (TANPA BAB IV) _2 - Aynun Dinda.pdf

Download (1963Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berbasis etnosains terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Metro tahun pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan kelas eksperimen yaitu kelas XI MIPA 4 yang diberi perlakuan pembelajaran menggunakan model problem based learning dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji perbedaan dua rata-rata (uji-t) yang dilakukan, rata-rata n-Gain pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi siswa pada kelas kontrol sebesar 0,35 dengan kategori “kecil” dan pada kelas eksperimen sebesar 0,78 dengan kategori “besar”. Hasil pengujian effect size menunjukkan bahwa 78% peningkatan materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi siswa pada kelas eksperimen dipengaruhi oleh model problem based learning. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berbasis etnosains efektif dan mempunyai pengaruh yang “besar” dalam meningkatkan materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi siswa. Kata kunci : faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi, problem based learning, pengaruh, etnosains.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 May 2025 01:50
Terakhir diubah: 07 May 2025 01:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86687

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir