PENGEMBANGAN E-MODULE BERBANTUAN ANDROID MATERI DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

Raina , Apriani Iskandar (2024) PENGEMBANGAN E-MODULE BERBANTUAN ANDROID MATERI DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
3. ABSTRAK - RAINA APRIANI ISKANDAR.pdf

Download (2937Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - RAINA APRIANI ISKANDAR.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3738Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - RAINA APRIANI ISKANDAR.pdf

Download (2937Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pengembangan e-Module berbantuan Android dengan media canva. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-Module berbantuan android materi Dasar Desain Grafis kelas X Teknik Komputer dan Jaringan yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Four-D (4D) yang meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK 2 Mei Bandarlampung. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui respons peserta didik terhadap e-Module Dasar Desain Grafis menggunakan metode angket. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain: 1) e-Module berbantuan android materi Dasar Desain Grafis telah memenuhi kriteria validitas yang ditunjukkan melalui nilai rata- rata validitas materi sebesar 90% dengan pernyataan kualitatif sangat baik. Nilai rata-rata validitas media sebesar 91% dengan pernyataan kualitatif sangat baik; 2) Hasil uji kepraktisan e-Module berbantuan android materi Dasar Desain Grafis pada uji keterbacaan peserta didik memperoleh nilai persentase skor rata-rata sebesar 73,75% dengan pernyataan kualitatif kepraktisan tinggi, maka dapat dinyatakan e- Module berbantuan android materi Dasar Desain Grafis valid dan praktis. Kata kunci: Canva, Dasar Desain Grafis, e-Module. iii ABSTRACT DEVELOPMENT OF E-MODULES HELPING ANDROID BASIC MATTERS GRAPHIC DESIGN CLASS 10 COMPUTER AND NETWORKING By Raina Apriani Iskandar Development of an Android-assisted e-Module using Canva media. This study aims to develop a valid and practical Android-assisted e-Module for Basic Graphic Design material for Grade X Computer and Network Engineering students. This research is a type of Research and Development (R&D) using the Four-D (4D) development model, which includes the stages of define, design, develop, and disseminate. The subjects of this study were Grade X students majoring in Computer and Network Engineering at SMK 2 Mei Bandarlampung. The research instrument used to determine the students' responses to the Basic Graphic Design e-Module was a questionnaire. The research results obtained are: 1) The Android- assisted e-Module for Basic Graphic Design material met the validity criteria, indicated by an average material validity score of 90%, which is qualitatively rated as very good. The average media validity score was 91%, also rated as very good qualitatively; 2) The practicality test results of the Android-assisted e-Module for Basic Graphic Design material, based on students' readability tests, obtained an average score percentage of 73.75%, qualitatively rated as high practicality. Therefore, the Android-assisted e-Module for Basic Graphic Design material is considered valid and practical. Keyword: Canva, Basic Graphic Design, e-Module.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 07 May 2025 02:10
Terakhir diubah: 07 May 2025 02:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86692

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir