PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 01 KAMPUNG BARU WAY KANAN

NAHLIYA , HANIFIKA (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 01 KAMPUNG BARU WAY KANAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK -NAHLIYA HANIFIKA.pdf

Download (508Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - NAHLIYA HANIFIKA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2337Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN -NAHLIYA HANIFIKA.pdf

Download (2699Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keaktifan belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 01 Kampung Baru, Kabupaten Way Kanan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan nonequaivalent control group design. Populasi berjumlah 23 peserta didik kelas IV. Sampel ditentukan dengan teknik perposive sampling. Data dianalisis dengan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media visual berpengaruh terhadap keaktifan belajar sebesar 0,6338 atau 63,38% sedangkan sisanya 36,62% dipengaruhi faktor lain atau variabel lain yang tidak diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari penggunana media visual terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 01 Kampung Baru, Kabupaten Way Kanan. Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Media Visual The problem in this research is the low learning activity of class IV students at SD Negeri 01 Kampung Baru, Way Kanan Regency. Data collection techniques use observation sheets and questions. This type of research is quantitative with experimental research methods. This research design uses a nonequivalent control group design. The population is 23 class IV students. The sample was determined using perposive sampling technique. Data were analyzed using simple linear regression. The results of this research show that the use of visual media has an effect on learning activity by 0.6338 or 63.38%, while the remaining 36.62% is influenced by other factors or other variables that were not studied. The results of this research indicate that there is a significant influence from the use of visual media on the learning activeness of class IV students at SD Negeri 01 Kampung Baru, Way Kanan Regency. Key words: Active Learning, Visual Media.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 07 May 2025 02:27
Terakhir diubah: 07 May 2025 02:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86700

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir