PENGARUH MATA KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER MORAL MAHASISWA UNIVERSITAS LAMPUNG

Nirna , - (2024) PENGARUH MATA KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER MORAL MAHASISWA UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT -Nirna.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Nirna.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1996Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN -Nirna.pdf

Download (1688Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh pendidikan pancasila terhadap peningkatan karakter moral mahasiswa Universitas Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Angkatan 2023. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 78 responden. Hasil penelitian dan pengujian hipotesis yang telah peneliti lakukan menunjukkan adanya pengaruh mata kuliah pendidikan pancasila terhadap peningkatan karakter moral mahasiswa Universitas Lampung sebesar 49% melalui metode pembelajaran, materi pembelajaran, serta keterlibatan dosen dalam pembelajaran. Melalui pemahaman nilai-nilai dasar Pancasila, mahasiswa dapat menginternalisasi prinsip-prinsip moral yang terkandung di dalamnya, seperti integritas, kejujuran, tanggung jawab, dan empati. Pendidikan Pancasila mampu meningkatkan mahasiswa yang tidak hanya kompeten secara akademik, tetapi juga memiliki kesadaran moral yang tinggi. Kata Kunci: Pendidikan Pancasila, Karakter, Moral The aim of this research is to determine and describe the influence of Pancasila education on improving the moral character of Lampung University students. The research method used is descriptive with a quantitative approach. The subjects of this research were students from the Department of Social Sciences Education Class of 2023. The sample in this research consisted of 78 respondents. The results of research and hypothesis testing that researchers have carried out show that there is an influence regarding the influence of Pancasila education courses on increasing the moral character of Lampung University students by 49% through learning methods, learning materials, and lecturer involvement in learning. Through understanding the basic values of Pancasila, students can internalize the moral principles contained therein, such as integrity, honesty, responsibility and empathy. Pancasila education is able to develop students who are not only academically competent, but also have high moral awareness. Keywords : Pancasila Education, Moral, Charac

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN)
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 07 May 2025 03:35
Terakhir diubah: 07 May 2025 03:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86730

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir