PUTRI , AYU KUSUMA WATI (2024) KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI DI KECAMATAN RAJABASA (Studi Deskriptif Kuantitatif). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - PUTRI AYU KUSUMA WATI.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL - PUTRI AYU KUSUMA WATI.pdf Restricted to Hanya staf Download (2175Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - PUTRI AYU KUSUMA WATI.pdf Download (1771Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pengajaran membaca pada anak usia dini sampai saat ini masih menuai pro dan kontra. Beberapa pihak menolak dengan alasan akan membebani anak. Membaca permulaan suatu kesatuan kegiatan terpadu mencakup beberapa kegiatan seperti mengenali huruf-huruf dari kata-kata. Dalam membaca permulaan, anak di kenalkan dengan bentuk huruf abjad dari A sampai dengan Z, huruf-huruf tersebut perlu dihapalkan dan dilafalkan sesuai dengan bunyinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang perkembangan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Adapun subyek dari penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 78 dari 5 TK yang berada di Kecamatan Rajabasa. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi kemampuan membaca permulaan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 5 dimensi kemampuan membaca permulaan yaitu; 1) timbulnya kesadaran anak terhadap tulisan mendapatkan nilai sebesar 47,44% dengan kategori baik; 2) konsep diri mendapatkan nilai sebesar 44,87%dengan kategori baik; 3) pengenalan bacaan mendapatkan nilai sebesar 42,31% dengan kategori baik; 4) pengucapan bunyi konsonan dan vokal yang tepat mendapatkan nilai sebesar 48,72% dengan kategori baik; dan 5) penarikan kesimpulan mendapatkan nilai sebesar 43,59% dengan kategori cukup baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Rajabasa sudah berkembang dengan baik terutama pada kemampuan pengucapan bunyi dan konsonan yang tepat. Kata kunci: kemampuan membaca permulaan, anak usia dini ABSTRACT EARLY READING SKILLS OF YOUNG CHILDREN IN RAJABASA SUB-DISTRICT (Quantitative Descriptive Study) By PUTRI AYU KUSUMA WATI The teaching of reading in early childhood still has its pros and cons. Some parties reject it on the grounds that it will burden children. Beginning reading is an integrated activity that includes several activities such as recognizing the letters of words. In beginning reading, children are introduced to the shape of the alphabet from A to Z, the letters need to be memorized and pronounced according to their sounds. This study aims to describe the development of early reading skills of children aged 5-6 years. This research uses quantitative descriptive method. The subjects of this study were children aged 5-6 years totaling 78 from 5 kindergartens in Rajabasa District. The data collection tool used was an observation sheet of beginning reading skills. The data analysis used is percentage analysis. The results showed that of the 5 dimensions of beginning reading ability, namely; 1) the emergence of children's awareness of writing received a score of 47.44% in the good category; 2) self-concept received a score of 44.87% in the good category; 3) reading recognition received a score of 42.31% in the good category; 4) proper pronunciation of consonant and vowel sounds received a score of 48.72% in the good category; and 5) inference received a score of 43.59% in the good enough category. This shows that the development of early reading skills of children aged 5-6 years in Keca. Key words: early reading skills, early childhood
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
Date Deposited: | 07 May 2025 03:57 |
Terakhir diubah: | 07 May 2025 03:57 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86735 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |