PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SUSTAINABILITY LITERACY DENGAN ANALISIS RASCH MODEL PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF

UMI , NUR AINI (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SUSTAINABILITY LITERACY DENGAN ANALISIS RASCH MODEL PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - UMI NUR AINI.pdf

Download (215Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - UMI NUR AINI.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2001Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - UMI NUR AINI.pdf

Download (1415Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian sustainability literacy dengan analisis Rasch Model pada materi energi alternatif yang valid, reliabel dan layak untuk digunakan. Penelitian pengembangan ini menggunakan 4 tahapan pengembangan yang diadaptasi dari Thiagarajan (1974), yakni: (1) define; (2) design; (3) develop; (4) disseminate. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli dan satu guru untuk menilai aspek konstruksi, subdtansi, dan bahasa. Berdasarkan hasil validasi ahli instrumen penilaian sustainability literacy diperoleh sebesar 84,78% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya dilakukan uji keterbacaan produk kepada 10 siswa dan diperoleh nilai sebesar 91,78% dengan kategori sangat bagus. Oleh karena itu, instrumen penilaian sustainability literacy diujicobakan kepada 70 siswa dan selanjutnya dianalisis menggunakan Rasch Model dengan berbantuan software ministep. Instrumen penilaian sustainability literacy dianalisis berdasarkan aspek indikator sustainability literacy yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan dan aspek pola pikir. Hasil analisis uji coba produk diperoleh: (1) sebanyak 10 butir soal instrumen penilaian sustainability literacy pada aspek pengetahuan dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai alpha cronbach sebesar 0,82 dengan kategori bagus sekali; (2) sebanyak 6 butir soal instrumen penilaian sustainability literacy pada aspek keterampilan dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai alpha cronbach sebesar 0,84 dengan kategori bagus sekali; dan (3) sebanyak 8 butir soal instrumen penilaian sustainability literacy pada aspek pola pikir dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai alpha cronbach sebesar 0,80 dengan kategori bagus. Produk akhir dari instrumen yang telah dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan instrumen yaitu valid, reliabel, dan praktis atau layak digunakan. Kata kunci: Instrumen penilaian, sustainability literacy, Rasch Model, energi alternatif.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 07 May 2025 07:57
Terakhir diubah: 07 May 2025 07:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86744

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir