RIRIN , ORISKA (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SUSTAINABILITY LITERACY DENGAN ANALISIS MODEL RASCH PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM BAGI SISWA SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - RIRIN ORISKA.pdf Download (208Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL - RIRIN ORISKA.pdf Restricted to Hanya staf Download (2305Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN -RIRIN ORISKA.pdf Download (1794Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian sustainability literacy siswa pada materi perubahan iklim bagi siswa SMP yang valid, reliabel, dan layak digunakan. Penelitian pengembangan ini menggunakan 4 tahap pengembangan yang diadaptasi dari Thiagarajan et al. (1974), yaitu (1) define; (2) design; (3) develop; dan (4) disseminate. Validitas produk yang dilakukan oleh dua dosen ahli dan satu guru IPA memperoleh nilai 81,9% aspek konstruksi, 77,3% aspek substansi, dan 91,6% aspek bahasa, sehingga rata-rata hasil validasi ahli instrumen penilaian sustainability literacy pada materi perubahan iklim sebesar 83,6% dalam kategori sangat valid. Selanjutnya dilakukan uji keterbacaan produk kepada 7 siswa dan diperoleh nilai 91% dalam kategori sangat tinggi. Oleh karena itu, instrumen penilaian sustainability literacy pada materi perubahan iklim ini diujicobakan kepada 60 siswa dan di analisis menggunakan model Rasch. Instrumen penilaian dianalisis berdasarkan aspek indikator sustainability literacy sehingga hasil yang diperoleh: (1) 8 butir soal instrumen penilaian aspek pengetahuan dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai alpha Cronbach sebesar 0,86 (bagus sekali); (2) 6 butir soal instrumen penilaian aspek keterampilan dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai alpha Cronbach sebesar 0,81 (bagus sekali); dan (3) 7 butir soal instrumen penilaian aspek pola pikir dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai alpha Cronbach sebesar 0,77 (kategori bagus). Produk akhir instrumen yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan instrumen yaitu valid, reliabel, dan layak digunakan. Kata kunci: Model Rasch, Instrumen Penilaian, Perubahan Iklim, Sustainability Literacy
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
Date Deposited: | 07 May 2025 08:02 |
Terakhir diubah: | 07 May 2025 08:02 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86745 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |