PENGEMBANGAN e-LKPD BERDIFERENSIASI TERINTEGRASI PJBL- STEM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF

Annisa, Silfiyani (2024) PENGEMBANGAN e-LKPD BERDIFERENSIASI TERINTEGRASI PJBL- STEM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK - Annisa Silfiyani.pdf

Download (138Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL_ANNISA SILFIYANI - Annisa Silfiyani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA PEMBAHASAN_ANNISA SILFIYANI - Annisa Silfiyani.pdf

Download (3021Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan e-LKPD berdiferensiasi terintegrasi PjBl-STEM untuk meningkatkan literasi sains dan keterampilan berpikir kreatif pada materi energi terbarukan. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&D dengan model ADDIE. Teknik pengambilan sampel pada penelitian yaitu purposive sampling, sehingga didapatkan kelas IX A, IX B, IX C dan IX D di SMPN 1 Tanjung Bintang. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-tes, uji ANOVA, dan uji ANCOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan validasi ahli didapatkan persentase aspek kesesuaian isi sebesar 96,42%, aspek kesesuaian konstruksi sebesar 96,25% dan keterbacaan 90%. Rata – rata persentase respon guru aspek isi sebesar 95%, aspek keterbacaan sebesar 93,75%, dan aspek kemenarikan sebesar 98,75%, serta hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 77,4%, dan angket refleksi dengan kriteria tinggi. Selain itu didapatkan persentase respon peserta didik aspek keterbacaan sebesar 86,25% dan kemenarikan sebesar 90%. Berdasarkan hasil tersebut e-LKPD berdiferensiasi terintegrasi PjBl-STEM dinyatakan valid dan praktis dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan uji t didapatkan hasil sig < 0,00 dengan kriteria uji berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata- rata literasi sains dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil uji anova menyatakan bahwasanya tidak ada pengaruh penggunaan e-LKPD dengan gaya belajar visual, kinestetik, dan auditori dalam meningkatkan literasi sains dan keterampilan berpikir kreatif dikarenakan e-LKPD yang dikembangkan sudah mengakomodasi kebutuhan seluruh peserta didik. Hasil uji ancova menyatakan bahwasanya tidak terdapat pengaruh antara literasi sains dengan nilai pretes sedangkan terdapat pengaruh antara keterampilan berpikir kreatif dengan postes namun pengaruh tersebut dalam kriteria kecil sehingga dapat diabaikan. Kata kunci: e-LKPD berdiferensiasi, PjBL-STEM, literasi sains, keterampilan berpikir kreatif.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 07 May 2025 10:15
Terakhir diubah: 07 May 2025 10:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86755

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir