GHALY ZAFRAN, SYAFIRWAN (2024) PENGARUH MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN LITERASI POLITIK MASYARAKAT PADA PEMILU 2024 (STUDI PADA PENGIKUT AKUN INSTAGRAM @PINTERPOLITIK). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK_compressed - Aldi Pratama (1).pdf Download (371Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN - Aldi Pratama (1).pdf Restricted to Hanya staf Download (1730Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN DAN LAMPIRAN_compressed - Aldi Pratama (1).pdf Download (6Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pengaruh media sosial yang cukup masif dalam menyampaikan sebuah pesan dan informasi terkait politik dapat menjadi sumber literasi baru yang cukup popular di masyarakat karena akses yang mudah dan murah. Permasalahan pada penelitian ini adalah ingin melihat seberapa besar akun Instagram @pintarpolitik dalam mempengaruhi literasi politik dari pengikutnya. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui dan menganalisis pengaruh akun Instagram @pinterpolitik pada literasi politik masyarakat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan alat bantu SPSS 27. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode regresi linier sederhana menggunakan teori SOR (Stimulus, Organism, Response). Variabel yang digunakan adalah literasi politik (Y) dan penggunaan Instagram (X). Penelitian ini mempunyai populasi yaitu seluruh pengikut atau follower akun Instagram @pinterpolitik sebesar 617.323 akun dan mempunyai sampel sebesar 100 responden. Hasil penelitian ini antara lain; penggunaan Instagram khususnys akun Instagram @pintarpolitik berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan literasi politik komunikan (pengikut). Hal ini direspresentasikan dari reaksi dan aksi komunikan (pengikut) di kolom komentar yang berdiskusi berdasarkan ilmu ataupun informasi yang diunggah oleh akun Instagram @pintarpolitik. Pengaruh penggunaan Instagram akun Instagram @pintarpolitik berpengaruh sebesar 58,5% terhadap literasi politik komunikan (pengikut). Besarnya pengaruh sebesar 41,5% dipengaruhi oleh faktor lain diluar media sosial, misalnya saja media konvensional seperti TV, buku, dan sebagainya. Kata Kunci: Atensi, Instagram, Media Sosial, Literasi Politik The massive influence of social media in conveying messages and information related to politics can become a source of new literacy that is quite popular in society because of easy and cheap access. The problem in this research is to see how much the Instagram account @pintarpolitik influences the political literacy of its followers. The aim of this research is to find out and analyze the influence of the Instagram account @pinterpolitik on people's political literacy. This type of research is quantitative research using SPSS 27 tools. The method used in this research is a simple linear regression method using the SOR (Stimulus, Organism, Response) theory. The variables used are political literacy (Y) and Instagram use (X). This research has a population, namely all followers of the @pinterpolitik Instagram account, amounting to 617,323 accounts and has a sample of 100 respondents. The results of this research include; The use of Instagram, especially the Instagram account @pintarpolitik, has a positive and significant effect on increasing the political literacy of communicants (followers). This is represented by the reactions and actions of communicants (followers) in the comments column who discuss based on knowledge or information uploaded by the Instagram account @pintarpolitik. The influence of using the Instagram account @pintarpolitik has an effect of 58.5% on the political literacy of communicants (followers). The magnitude of the influence of 41.5% is influenced by other factors outside social media, for example conventional media such as TV, books, and so on. Keywords: Attention, Instagram, Social Media, Political Literacy
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial |
Program Studi: | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Komunikasi |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 07 May 2025 10:36 |
Terakhir diubah: | 07 May 2025 10:36 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86759 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |