JULIDA , PATIMAH (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak-Julida Patimah.pdf Download (181Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
Skripsi full-Julida Patimah.pdf Restricted to Hanya staf Download (2059Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
Skripsi full tanpa pembahasan-Julida Patimah.pdf Download (1738Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini yaitu pembelajaran di sekolah belum menerapkan sistem pembelajaran yang mengarah pada peningkatan kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif peserta didik di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan bentuk yang digunakan nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 102 orang peserta didik dan sampel yang digunakan yaitu 40 orang peserta didik kelas VA dan VB, sampling ditentukan dengan teknik sampling non probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada model project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif peserta didik sekolah dasar. Kata Kunci: berpikir kritis, berpikir kreatif, project based learning ABSTRACT THE EFFECT OF PROJECT-BASED LEARNING MODEL ON CRITICAL THINKING AND CREATIVE THINKING SKILLS OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS By JULIDA PATIMAH The problem in this study was that learning in schools had not implemented a learning system that leads to an increase in students' critical thinking and creative thinking skills. This study aims to determine the effect of project-based learning model on critical thinking and creative thinking skills of students in elementary school. The method used in this research was quasi experimental design with the form used nonequivalent control group design. The population in this study amounted to 102 students and the sample used was 40 students of fifth grade VA and VB, sampling was determined by non probability sampling technique. Data collection techniques used interviews, observations, tests, and documentation. The result of this study was that there is a significant effect on the project-based learning model on the critical thinking and creative thinking skills of elementary school students. Keywords: critical thinking, creative thinking, project based learning
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
Date Deposited: | 08 May 2025 02:09 |
Terakhir diubah: | 08 May 2025 02:09 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86772 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |