EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN KETRAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK SD NEGERI 5 METRO PUSAT

MIRNA , SHOVIANDANI (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN KETRAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK SD NEGERI 5 METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak_Mirna Shoviandani.pdf

Download (206Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi full_Mirna Shoviandani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1518Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi tanpa BAB pembahasan_Mirna Shoviandani.pdf

Download (1870Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan komunikasi yang dimiliki oleh peserta didik kelas IV di SD Negeri 5 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kefektifan pembelajaran diluar kelas berbantuan media audio visual terhadap peningkatan keterampilan komunikasi peserta didik SD. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif pre- exsperimental design dengan jenis one group pre test-post test design. Sampling pada penelitian ini ditentukan dengan purposive sampling, dengan jumlah sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas IV A sebanyak 22 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran di luar kelas berbantuan media audio visual efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Metro Pusat, dibuktikan dengan peningkatan hasil pre test dan post test dengan selisih 10,22, serta rata-rata perhitungan nilai N-gain sebesar 0,30 termasuk kedalam kategori sedang. Kata Kunci: keterampilan komunikasi, media audio visual, pembelajaran di luar kelas ABSTRACT THE EFFECTIVENESS OF OUTDOOR LEARNING ASSISTED BY AUDIO VISUAL MEDIA IN IMPROVING THE COMMUNICATION SKILLS OF STUDENTS AT SD NEGERI 5 METRO PUSAT By MIRNA SHOVIANDANI The problem in this research was the low level of communication skills among fourth grade students in SD Negeri 5 Metro Pusat. This research aimed to determine the effectiveness of outdoor learning using audio-visual media in improving the communication skills of elementary school students. The research method used in this research was a quantitative pre-experimental design with a group pre-test post- test design. The sampling technique used in this research was purposive sampling, with the number of samples used being 22 students of fourth grade. The techniques that were used to collect the data included test and non-test. The results of this research showed that outdoor learning using audio-visual media was effective in improving the communication skills of fourth grade students at SD Negeri 5 Metro Pusat, as evidenced by the increase in pre-test and post-test scores with a difference of 10.22, as well as the average value calculation N-gain of 0.30 is included in the medium category. Keywords: audio-visual media, communication skills, outdoor learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 08 May 2025 02:22
Terakhir diubah: 08 May 2025 02:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86778

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir