PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PART TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KARTIKA FAJAR BARU LAMPUNG SELATAN

DESTRI, RACHMA PRATIWI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PART TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KARTIKA FAJAR BARU LAMPUNG SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABASTRACT.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1893Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1753Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini yaitu literasi sains anak belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media loose part terhadap kemampuan literasi sains anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 66 anak terdiri dari 33 anak untuk kelompok eksperimen dan 33 anak untuk kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi berupa checklist dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis statistika uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pengunaan media loose part terhadap kemampuan literasi sains anak usia 5-6 tahun (Sig 0,00 <0,05). Kata Kunci: loose part, kemampuan literasi sains, anak usia 5-6 tahun.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini PG-PAUD
Pengguna Deposit: 2308888009 . Digilib
Date Deposited: 08 May 2025 08:08
Terakhir diubah: 08 May 2025 08:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86785

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir