PENGARUH ALQURUN TEACHING MODEL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 7 Kotabumi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024)

Devana , Nurfia Azzahra (2024) PENGARUH ALQURUN TEACHING MODEL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 7 Kotabumi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Devana Azzahra.pdf

Download (275Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Devana Azzahra.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1948Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Devana Azzahra.pdf

Download (1840Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Alqurun Teaching Model (ATM) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 7 Kotabumi tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 256 siswa yang terdistribusi ke dalam 8 kelas secara heterogen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX B dan IX D yang masing-masing terdiri dari 32 siswa yang terpilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil uji normalitas dan uji homogenitas, diperoleh bahwa data hasil tes dari kedua kelompok tersebut normal dan homogen. Selanjutnya uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh hasil bahwa (1) rata- rata skor peningkatan (gain) kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran alqurun lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, dan (2) tidak ada perbedaan antara rata-rata skor peningkatan (gain) kemandirian belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran alqurun dan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ATM berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, dan ATM tidak berpengaruh terhadap kemandirian belajar matematika siswa. Kata kunci : alqurun teaching model, kemampuan berpikir kritis matematis, kemandirian belajar, pengaruh

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 08 May 2025 02:48
Terakhir diubah: 08 May 2025 02:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86788

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir