Citra , Ayu Pramudita (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT, DAN PEMANFAATAN SMARTPHONE TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 1 GEDONGTATAAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK CITRA - 06_Citra Ayu Pramudita.pdf Download (209Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI CITRA TANPA LAMPIRAN - 06_Citra Ayu Pramudita.pdf Restricted to Hanya staf Download (1905Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI CITRA TANPA PEMBAHASAN - 06_Citra Ayu Pramudita.pdf Download (1942Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, penggunaan media PowerPoint, dan pemanfaatan Smartphone terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gedongtataan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gedongtataan yang memilih mata pelajaran ekonomi dengan jumlah 104 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu nonprobability sampling dengan menggunakan simple random sampling. Analisis pengujian hipotesis secara parsial dalam penelitian ini menggunakan uji t dan secara simultan menggunakan uji F. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif secara parsial dan simultan antara motivasi belajar, penggunaan media PowerPoint, dan pemanfaatan Smartphone terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Gedongtataan. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang sudah dilakukan, didapatkan Fhitung sebesar 15.971 dan Ftabel sebesar 2,72 yang berarti bahwa Fhitung > Ftabel dengan nilai R Square sebesar 0,310 atau 31% sisanya sebesar 69% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: hasil belajar, motivasi belajar, media PowerPoint, pemanfaatan Smartphone This research was motivated by the low learning outcomes of students in economics subjects. The aim of this research is to determine the effect of learning motivation, use of PowerPoint media, and Smartphone utilization on the learning outcomes in economics class XI SMA Negeri 1 Gedongtataan. This research uses descriptive verification research methods with an ex post facto and survey approach. The population used was class XI students of SMA Negeri 1 Gedongtataan who chose economics subjects with a total of 104 students. The sampling technique used was nonprobability sampling using simple random sampling. Analysis of partial hypothesis testing in this research uses the T test and simultaneously uses the F test. The results of this research show that there is a partial and simultaneous positive effect of learning motivation, use of PowerPoint media, and Smartphone utilization on learning outcomes in economics class XI at SMA Negeri 1 Gedongtataan. Based on the results of hypothesis testing that has been carried out, the Fcount is 15,971 and the Ftable is 2.72, which means that Fcount > Ftable with an R Square value of 0.310 or 31%, the remaining 69% is effect by other variables not examined in this research. Key Words: learning outcomes, learning motivation, PowerPoint media, Smartphone utilization
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
Date Deposited: | 08 May 2025 03:20 |
Terakhir diubah: | 08 May 2025 03:20 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86800 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |