PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER, MOTIVASI BELAJAR, DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS MA AL-FATAH NATAR TAHUN AJARAN 2023/2024

GALANG , MAFATIH MUHAMMAD (2024) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER, MOTIVASI BELAJAR, DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS MA AL-FATAH NATAR TAHUN AJARAN 2023/2024. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Galang Mafatih Muhammad.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Galang Mafatih Muhammad.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2653Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Galang Mafatih Muhammad.pdf

Download (2408Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter, motivasi belajar, dan dukungan orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MA Al-Fatah Natar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MA Al-Fatah Natar dengan jumlah 56 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan menggunakan sampling jenuh. Pengujian hipotesis secara parsial dilakukan melalui uji t dan secara simultan dilakukan melalui uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh baik secara parsial atau simultan antara pendidikan karakter, motivasi belajar, dan dukungan orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MA Al-Fatah Natar. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh Fh 17,626 dan Ft = 2,74 yang berarti bahwa Fh > Ft dengan kadar determinasi sebesar 0,504 atau 50,4% sisanya sebesar 49,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Motivasi Belajar, Dukungan Orang Tua, dan Hasil Belajar ABSTRACT THE EFFECT OF CHARACTER EDUCATION, LEARNING MOTIVATION, AND PARENTAL SUPPORT ON STUDENT LEARNING OUTCOMES IN ECONOMICS SUBJECTS CLASS XI IPS MA AL-FATAH NATAR ACADEMIC YEAR 2023/2024 By GALANG MAFATIH MUHAMMAD This research aims to determine the influence of character education, learning motivation, and parental support on the learning outcomes of economics subjects in class XI IPS MA Al-Fatah Natar. This research uses descriptive verification research methods with an ex post facto and survey approach. The population in this study was class XI IPS MA Al-Fatah Natar students with a total of 56 people. The sampling technique in this research is non-probability sampling using saturated sampling. Partial hypothesis testing was carried out through the t test and simultaneously carried out through the F test. The results of the study showed that there was an influence either partially or simultaneously between character education, learning motivation and parental support on the learning outcomes of economics subjects for class XI IPS MA Al-Fatah Natar. Based on the results of hypothesis testing, Fh 17,626 and Ft = 2,74, which means that Fh > Ft with a determination level of 0,504 or 50,4%, the remaining 49,6% was influenced by other variables not examined in this research. Key Words: Character Education, Learning Motivation, Parental Support, and Learning Outcomes

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 08 May 2025 07:02
Terakhir diubah: 08 May 2025 07:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86832

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir