Retno, Ayu Ningtyas (2024) PENGARUH PENERAPAN PROGRAM KEMARITIMAN TERHADAP PENGUATAN SIKAP NASIONALISME PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 SIDOMULYO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
3. ABSTRAK SKRIPSI - Retno Ayu Ningtyas (1).pdf Download (149Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
1. SKRIPSI FULL - Retno Ayu Ningtyas.pdf Restricted to Hanya staf Download (2979Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Retno Ayu Ningtyas.pdf Download (2392Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di Asia Tenggara dan di dunia sehingga menjadikan kelautan Indonesia memiliki potensi sumber daya laut yang melimpah. Namun pada kenyataannya potensi kelautan Indonesia belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat padahal di zaman kerajaan Indonesia pernah berjaya di lautan. Adanya nilai historis, budaya, dan potensi ini maka pemerintah ingin menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia sehingga Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menciptakan sebuah program baru yaitu Kurikum Kemaritiman yang berorientasi pada nilai dan budaya maritim sebagai upaya untuk membangun sumber daya manusia yang berkarakter maritim khususnya kepada generasi muda. Pada kenyataannya, masih banyak peserta didik di sekolah yang belum memiliki sikap nasionalisme terutama yang berorientasi pada maritim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan Program Kemaritiman terhadap penguatan sikap nasionalisme peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuatitatif, jumlah populasi 277 peserta didik kelas IX dengan sample 72 peserta didik. Teknik pengambilam sampel menggunakan random sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penerapan Program Kemaritiman berpengaruh terhadap sikap nasionalisme peserta didik yakni dengan indikator sikap cinta tanah air, bela negara serta loyalitas. Kata Kunci: Program Kemaritiman, Kurikulum Kemaritiman, Budaya Maritim, Nasionalisme Indonesia is the largest archipelagic country in Southeast Asia and in the world, thus making Indonesian waters rich in marine resources. However, in reality, Indonesia's maritime potential has not been optimally utilized by society, despite Indonesia's past maritime glory during the kingdom era. Recognizing the historical, cultural, and potential values, the government aims to position Indonesia as the World's Maritime Axis. Therefore, the Coordinating Ministry for Maritime Affairs, in collaboration with the Ministry of Education and Culture, has introduced a new program called the Maritime Curriculum, which focuses on maritime values and culture to cultivate a maritime-characterized human resource, especially among the younger generation. In reality, many students in schools still lack nationalism attitudes, particularly those oriented towards maritime aspects. This research aims to determine the influence of the Maritime Program implementation on strengthening the nationalism attitudes of students. The research method used was descriptive with a quantitative approach, involving a total population of 277 ninth-grade students, with a sample size of 72 students selected through random sampling. Based on the research results, the implementation of the Maritime Program has a significant influence on the nationalism attitudes of students, particularly in indicators such as love for the homeland, defense of the country, and loyalty. Keywords: Maritime Program, Maritime Curriculum, Maritime Culture, Nationalism
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 08 May 2025 07:40 |
Terakhir diubah: | 08 May 2025 07:40 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86849 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |