NAFASHA SABINA, AZHARA (2024) PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER SEBAGAI ENDORSEMENT PEMASARAN DI SOSIAL MEDIA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK FASHION YANG DIMEDIASI OLEH VARIABEL KEPERCAYAAN MEREK (Survei pada pengguna TikTok di kalangan mahasiswa Kota Bandar Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Nafasha Sabina Azhara.pdf Download (216Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI NAFASHA FULL - Nafasha Sabina Azhara.pdf Restricted to Hanya staf Download (2701Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN - Nafasha Sabina Azhara.pdf Download (2610Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Maraknya fenomena influencer sebagai pemasar di sosial media saat ini cukup memberikan perubahan terhadap perilaku konsumen dalam aktivitas berbelanja mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kredibilitas influencer terhadap minat beli konsumen melalui kepercayaan merek terhadap produk fashion dengan jenis penelitian explanatory research serta pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan sampel sebanyak 97 responden kepada mahasiswa Kota Bandar Lampung. Kriteria mahasiswa digunakan karena usianya menempati urutan teratas sebagai pengguna TikTok serta kepribadiannya yang mudah terpengaruh. Pengumpulan data dilakukan dengan metode penyebaran kuesioner melalui sosial media. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kredibilitas influencer secara tidak langsung berpengaruh signifikan sebesar 22.3% terhadap minat beli mahasiswa pengguna TikTok di Kota Bandar Lampung melalui kepercayaan merek.. Adapun temuan yang dihasilkan menunjukkan bahwa mahasiswa di Kota Bandar Lampung lebih terpengaruh oleh influencer yang memiliki penampilan menarik dengan nilai item sebesar 0.802 berdasarkan uji outer loadings yang mengindikasikan bahwa ketika audiens merasa tertarik dengan influencer, hal tersebut dapat mempersuasi dengan mudah melalui ketertarikan dari influencer tersebut sehingga membentuk kepercayaan mahasiswa di Kota Bandar Lampung terhadap merek yang kemudian akan mendorong minat belinya. Kata kunci: Kredibilitas Influencer, Kepercayaan Merek, Minat Beli, Fashion, TikTok The rise of the influencer phenomenon as a marketer on social media today is enough to make changes to consumer behavior in their shopping activities. This study aims to determine the effect of influencer credibility on consumer purchase intention through brand trust in fashion products with explanatory research and a quantitative approach. The sampling technique used was purposive sampling with a sample of 97 respondents to students in Bandar Lampung City. The criteria for students are used because their age ranks top as TikTok users and their personalities are easily influenced. Data collection was carried out by distributing questionnaires through social media. The results of this study indicate that influencer credibility indirectly has a significant effect of 22.3% on the purchase intention of TikTok student users in Bandar Lampung City through brand trust. The resulting findings show that students in Bandar Lampung City are more influenced by influencers who have an attractive appearance with an item value of 0.802 based on the outer loadings test which indicates that when the audience feels attracted to the influencer, it can persuade easily through the attractiveness of the influencer so as to form students' trust in the brand which will then encourage their buying interest. Keyword: Influencer Credibility, Brand Trust, Purchase Intention, Fashion, TikTok
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer 300 Ilmu sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer > 351 Administrasi publik |
Program Studi: | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Administrasi Bisnis |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 08 May 2025 10:11 |
Terakhir diubah: | 08 May 2025 10:11 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86889 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |