NABILLA ELIZA, PUTRI (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023). FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - Nabilla Eliza.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL - Nabilla Eliza.pdf Restricted to Hanya staf Download (1884Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Nabilla Eliza.pdf Download (1824Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe think pair share ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023 yang terdistribusi ke dalam 4 kelas secara heterogen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C dan VIII-D yang masing-masing terdiri dari 30 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif. Desain yang digunakan adalah the pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran think pair share lebih tinggi daripada kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil uji proporsi diperoleh bahwa proporsi siswa yang memiliki kemampuan representasi matematis terkategori baik pada kelas yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih dari 60% dari jumlah siswa. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe think pair share efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023. Kata Kunci: efektivitas, think pair share, kemampuan representasi matematis.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 08 May 2025 10:14 |
Terakhir diubah: | 08 May 2025 10:14 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86890 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |