PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS BAHAN AJAR DIGITAL FLIPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK MUATAN IPS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 3 METRO PUSAT

Widya , Sulistiyani (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS BAHAN AJAR DIGITAL FLIPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK MUATAN IPS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 3 METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK saja - C 42_ widya sulistiyani.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full_Widya Sulistiyani - C 42_ widya sulistiyani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1672Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa Pembahasan_Widya Sulistiyani - C 42_ widya sulistiyani.pdf

Download (1490Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS peserta didik kelas V di SD Negeri 3 Metro Pusat. Hal tersebut dibuktikan dengan data persentase ketuntasan nilai peserta didik kelas VA dan VB, yaitu hanya 35% dan 52,94%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis bahan ajar digital flipbook terhadap hasil belajar tematik muatan IPS peserta didik. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 37 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh yaitu pengambilan sampel menggunakan semua anggota populasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan non tes. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dan menunjukkan hasil nilai Fhitung (13,96) > Ftabel (4,41), sehingga terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis bahan ajar digital flipbook terhadap hasil belajar tematik muatan IPS peserta didik kelas V SD Negeri 3 Metro Pusat. Kata Kunci: bahan ajar flipbook, hasil belajar IPS, problem based learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 09 May 2025 03:29
Terakhir diubah: 09 May 2025 03:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86921

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir