STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TEPUNG PISANG CAVENDISH (Studi Kasus UMKM Sekar Transad)

Muhammad Agung , Saputra (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TEPUNG PISANG CAVENDISH (Studi Kasus UMKM Sekar Transad). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2630Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2630Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Sekar Transad is one of the Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) operating in the food processing industry, with Cavendish banana flour as one of its processed products. The business faces challenges, including fluctuating sales, manual production, an irregular schedule, and ineffective marketing. The marketing of Cavendish banana flour by Sekar Transad is not maximized, as it relies solely on WhatsApp to disseminate sales information and has not yet utilized social media or marketplace platforms to increase sales intensity. To address these issues, a strategic development analysis can be carried out using the Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats (SWOT) method and the Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). The study aimed to identify internal and external factors that influenced the business and to determine and analyze appropriate strategies for the development of the Cavendish banana flour product at Sekar Transad. Based on the research results, the internal factors of the Cavendish banana flour business at Sekar Transad included a major strength of having certifications with a score of 0.41, and a main weakness in the lack of human resource (HR) knowledge in marketing, with a score of 0.27. The external factors included a key opportunity in the form of a wide market potential, with a score of 0.37, and a major threat of having only one supplier and more affordable competitor prices, with a score of 0.30. The strategic priorities were to create online stores on several e-commerce platforms and to promote the products through social media Total Attractive Score (TAS) 6.04, to collaborate with academic institutions and the government 5.37, and to innovate the products by offering size variations and improved packaging design 5.35. Keywords: Cavendish Banana Flour, Sekar Transad MSME, SWOT, QSPM. Sekar Transad menjadi salah satu Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak di industri pengolahan pangan, dengan salah satu produk olahannya berupa “Tepung Pisang Cavendish". Usaha Tepung Pisang Cavendish menghadapi tantangan dalam pengembangannya, seperti fluktuasi penjualan, proses produksi masih dilakukan secara manual, waktu produksi belum memiliki jadwal tetap, dan pemasaran produk tepung pisang cavendish yang dilakukan oleh Sekar Transad belum maksimal dikarenakan pemasaran hanya menggunakan whatsapp untuk menyebarkan informasi terkait penjualan dan belum memanfaatkan media sosial serta platform marketplace untuk meningkatkan intensitas penjualannya. Upaya mengatasi permasalahan tersebut, dapat dilakukan analisis perumusan strategi pengembangan dengan menggunakan metode Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats (SWOT) dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi usaha dan menentukan serta menganalisis strategi yang tepat pada pengembangan usaha produk tepung pisang cavendish di Sekar Transad. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan faktor internal usaha produk tepung pisang cavendish di Sekar Transad yaitu faktor kekuatan utama memiliki sertifikasi dengan skor sebesar 0,41 dan faktor kelemahan pengetahuan sumber daya manusia (SDM) untuk pemasaran masih kurang dengan skor 0,27. Faktor eksternal yaitu peluang utama adanya peluang pasar yang luas 0,37 dan ancaman utama hanya memiliki 1 supplier dan harga pesaing lebih terjangkau dengan skor 0,30. Prioritas strategi yaitu membuat toko online di beberapa platform penjualan online dan melakukan promosi melalui sosial media dengan nilai Total Attractive Scores TAS sebesar 6,04, melakukkan kerja sama dengan pihak akademisi dan pemerintahan dengan nilai 5,37, dan melakukkan inovasi produk seperti variasi ukuran produk dan design kemasan dengan nilai 5,35. Kata kunci: SWOT,Tepung Pisang Cavendish, UMKM Sekar Transad, QSPM.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: FAKULTAS PERTANIAN (FP) & PASCASERJANA > Prodi S1 Teknologi Hasil Pertanian
Pengguna Deposit: 2308905964 . Digilib
Date Deposited: 15 May 2025 04:17
Terakhir diubah: 15 May 2025 04:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86934

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir