Nabilla, Ezananda Hendra (2024) ANALISIS MULTIMODALITAS KONTEN TRAVELING PADA AKUN INSTAGRAM @SADAM.JPG SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA INDONESIA. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK SKRIPSI NABILLA EZANANDA HENDRA - Nabilla Ezananda Hendra.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI TANPA LAMPIRAN NABILLA E.H - Nabilla Ezananda Hendra.pdf Restricted to Hanya staf Download (6Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN NABILLA EZANANDA HENDRA - Nabilla Ezananda Hendra.pdf Download (1536Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Media sosial, terutama Instagram, telah menjadi platform populer untuk berbagi informasi dan mempromosikan berbagai hal, termasuk pariwisata. Penelitian ini mengkaji penggunaan multimodalitas dalam konten traveling pada akun Instagram @sadam.jpg sebagai media promosi pariwisata Indonesia. Muhamad Sadam, seorang travel content creator aktif mempromosikan pariwisata Indonesia melalui konten visual, audio, dan teks. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana konten traveling pada akun Instagram @sadam.jpg berguna sebagai media promosi pariwisata di Indonesia dengan menggunakan mode-mode komunikasi yang digunakan dalam pembuatan konten. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode analisis multimodalitas. Penelitian ini juga menggunakan konsep social media marketing 4C (context, communication, collaboration, dan connection) oleh Chris Heuer sebagai teori untuk melihat bagaimana bentuk promosi yang digunakan dalam akun @sadam.jpg. Hasil penelitian menunjukan keenam konten traveling yang diunggah dari Juli - Desember 2023 membuktikan bahwa penggunaan multimodalitas dalam penerapan dimensi 4C social media marketing dapat digunakan sebagai media promosi pariwisata Indonesia. Konten traveling yang diunggah oleh akun @sadam.jpg berisi muatan promosi terkait objek wisata di Indonesia dengan bentuk penyampaian pesannya menggunakan multi mode, yaitu visual, audio, dan teks. Kata kunci: Multimodalitas, Social Media Marketing, Instagram, Pariwisata ABSTRACT MULTIMODAL ANALYSIS OF TRAVELING CONTENT ON INSTAGRAM ACCOUNT @SADAM.JPG AS A MEDIUM FOR PROMOTING INDONESIAN TOURISM By Nabilla Ezananda Hendra Social media, especially Instagram, has become a popular platform for sharing information and promoting various things, including tourism. This research examines the use of multimodality in traveling content on the Instagram account @sadam.jpg as a medium for promoting Indonesian tourism. Muhamad Sadam, a travel content creator, actively promotes Indonesian tourism through visual, audio, and text content. Therefore, this research aims to describe how traveling content on the @sadam.jpg Instagram account is useful as a medium for promoting tourism in Indonesia by using the modes of communication used in content creation. The research method used in this research is qualitative by using multimodality analysis method. This research also uses the concept of social media marketing 4C (context, communication, collaboration, and connection) by Chris Heuer as a theory to see how the form of promotion used in the @sadam.jpg account. The results showed that the six traveling contents uploaded from July - December 2023 proved that the use of multimodality in the application of the 4C social media marketing dimension can be used as a medium for promoting Indonesian tourism. The traveling content uploaded by the @sadam.jpg account contains promotional content related to tourist attractions in Indonesia with the form of message delivery using multi modes, namely visual, audio, and text. Keywords: Multimodality, Social Media Marketing, Instagram, Tourism
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial |
Program Studi: | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Komunikasi |
Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
Date Deposited: | 09 May 2025 04:20 |
Terakhir diubah: | 09 May 2025 04:20 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86938 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |