ANALISIS KETERAMPILAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PENDIDIK DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI GUGUS MAWAR II KECAMATAN METRO PUSAT

Wahyu, Rano Nugroho (2024) ANALISIS KETERAMPILAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PENDIDIK DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI GUGUS MAWAR II KECAMATAN METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI (ABSTRAK)_Wahyu Rano Nugroho_2013053120 - C 41_Wahyu Rano Nugroho.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN_Wahyu Rano Nugroho_2013053120 - C 41_Wahyu Rano Nugroho.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2252Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI BAB 1,2,3,5_Wahyu Rano Nugroho_2013053120 - C 41_Wahyu Rano Nugroho.pdf

Download (2082Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah pada penelitian adalah pendidik yang belum menguasai TIK sehingga belum memanfaatkannya dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan keterampilan TIK pendidik dalam pembelajaran, kendala penggunaan TIK dalam pembelajaran, serta solusi untuk mengatasi kendala penggunaan TIK tersebut di SD Negeri Gugus Mawar II Kecamatan Metro Pusat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan penelitian yakni multi-situs. Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik di SD Negeri Gugus Mawar II Kecamatan Metro Pusat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas pendidik sudah memiliki keterampilan TIK dalam pembelajaran, namun masih ada beberapa pendidik yang belum memiliki keterampilan tersebut baik secara sepenuhnya maupun sebagian. Terdapat beberapa kendala penggunaan TIK oleh pendidik dalam pembelajaran di sekolah dasar yakni usia yang tidak lagi muda, faktor dari dalam diri pendidik, serta ketersediaan fasilitas yang memadai. Solusi yang diberikan pendidik untuk mengatasi kendala penggunaan TIK dalam pembelajaran yakni (1) secara mandiri mengikuti pelatihan, seminar, workshop, belajar melalui aplikasi platform merdeka mengajar (PMM), youtube, instagram, (2) mengikuti kelompok kerja guru (KKG), (3) berdiskusi dengan sesama pendidik dalam satu sekolah yang lebih kompeten, (4) rapat dengan wali murid untuk mencari solusi atas kendala terkait fasilitas yang kurang memadai. Kata kunci: pembelajaran berbasis TIK, keterampilan TIK pendidik, kendala penggunaan TIK.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 09 May 2025 04:31
Terakhir diubah: 09 May 2025 04:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86940

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir