TEKNIK PERSUASIF IKLAN KOMERSIAL PADA MEDIA TELEVISI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

Elsa, Triana (2025) TEKNIK PERSUASIF IKLAN KOMERSIAL PADA MEDIA TELEVISI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ASBTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1809Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1606Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah teknik-teknik wacana persuasif yang digunakan dalam media televisi dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan teknik-teknik wacana persuasif yang digunakan pada iklan komersial di media televisi dan mendeskripsikan implikasi terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP kelas VII. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah semua kata-kata dan kalimat serta tindakan yang mengandung kalimat teknik persuasif. Teknik pengumpulan dan analisis dalam penelitian ini yaitu teknik dokumentasi, teknik simak dan teknik catat dengan beberapa langkah, yaitu (1) memilih iklan yang mengandung teknik-teknik persuasif, (2) membaca dan menyalin teks iklan, (3) membaca dan menandai teks, (4) mencatat dan mengelompokkan data, (5) menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 93 iklan wacana teknik persuasif yaitu rasional 18 data, sugesti 19 data, kompensasi 20 data, konfirmitas 5 data, proyeksi 14 data, penggantian 17 data. Wacana teknik persuasif dalam iklan diimplikasikan pada pembelajaran di SMP pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada kompetensi dasar 3.4 Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar dan KD 4.4 Menyajikan gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis. Kata kunci: Wacana, iklan, persuasif, pembelajaran

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2308658720 . Digilib
Date Deposited: 15 May 2025 08:37
Terakhir diubah: 15 May 2025 08:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86942

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir