ANALISIS KESIAPAN PENDIDIK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) DI SD MUHAMMADIYAH METRO PUSAT

Yasinta , Almaida (2024) ANALISIS KESIAPAN PENDIDIK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) DI SD MUHAMMADIYAH METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Yasinta Almaida.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL SKRIPSI ( BAB 1-5) - Yasinta Almaida.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1831Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FULL SKRIPSI ( BAB 1,2,3,5) TANPA PEMBAHASAN) - Yasinta Almaida.pdf

Download (1055Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam kesiapan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah pendidik kelas III, kepala sekolah, tenaga kependidikan, dan peserta didik di SD Muhammadiyah Metro Pusat. Fokus penelitian ini adalah kesiapan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Hasil penelitian diperoleh bahwa pendidik sudah memiliki kesiapan yang baik dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), (1) pendidik sudah memahami konsep dan struktur Kurikulum Merdeka, (2) perencanaan pembelajaran yang disiapkan pendidik yaitu berupa modul ajar IPAS, materi pembelajaran, media pembelajaran, dan alat penilaian, (3) pelaksanaan pembelajaran IPAS disesuaikan dengan buku pelajaran yang digunakan, (4) pendidik sudah memiliki kesiapan yang baik dalam melakukan penilaian, pendidik menerapkan penilaian diagnostik di awal pembelajaran, penilaian formatif di setiap akhir pembelajaran, dan penilaian sumatif untuk penilaian tengah dan akhir semester. Kata Kunci: Kesiapan Pendidik, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran IPAS.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 09 May 2025 08:25
Terakhir diubah: 09 May 2025 08:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86964

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir