PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN TERHADAP PENGEMBANGAN NILAI-NILAI ANTIKORUPSI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEPUTIH RAMAN

CAHYO, SAPUTRA (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN TERHADAP PENGEMBANGAN NILAI-NILAI ANTIKORUPSI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEPUTIH RAMAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (2).pdf

Download (71Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL (5).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2581Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN (3).pdf

Download (2127Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Citizen terhadap pengembangan nilai-nilai antikorupsi peserta didik kelas XI di SMAN 1 Seputih Raman. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan pendekatan kuantitatif. Sampel terdiri dari 71 peserta didik, yaitu 36 pada kelas eksperimen dan 35 pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket self-assessment dan peer-assessment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik pada kelas eksperimen mengalami peningkatan signifikan dalam berbagai indikator nilai antikorupsi seperti kejujuran, kepedulian, kemandirian, kedidiplinan, tanggung jawab, kerja keras, kesederhanaan, keberanian, keadilan. Indikator yang paling dominan adalah tanggung jawab, dengan hasil self-assesment sebesar 91,67%, peer-assessment sebesar 86,11% dan hasil observasi mencapai 87,96% dalam kategori sangat baik. Hasil uji t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai Sig. 0,003 untuk self-assessment dan 0,002 untuk peerassessment (Sig. < 0,05), serta nilai t hitung lebih besar dari t tabel. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran project citizen terbukti efektif dalam mengembangkan nilai-nilai antikorupsi peserta didik dan dapat menjadi alternatif model pembelajaran dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Kata Kunci: Antikorupsi, Model Pembelajaran, Nilai-Nilai, Project Citizen, Quasy Experiment

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN)
Pengguna Deposit: 2308408497 . Digilib
Date Deposited: 15 May 2025 01:49
Terakhir diubah: 15 May 2025 01:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86981

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir