CAHYO, SAPUTRA (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN TERHADAP PENGEMBANGAN NILAI-NILAI ANTIKORUPSI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEPUTIH RAMAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK (2).pdf Download (71Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL (5).pdf Restricted to Hanya staf Download (2581Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN (3).pdf Download (2127Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Citizen terhadap pengembangan nilai-nilai antikorupsi peserta didik kelas XI di SMAN 1 Seputih Raman. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan pendekatan kuantitatif. Sampel terdiri dari 71 peserta didik, yaitu 36 pada kelas eksperimen dan 35 pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket self-assessment dan peer-assessment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik pada kelas eksperimen mengalami peningkatan signifikan dalam berbagai indikator nilai antikorupsi seperti kejujuran, kepedulian, kemandirian, kedidiplinan, tanggung jawab, kerja keras, kesederhanaan, keberanian, keadilan. Indikator yang paling dominan adalah tanggung jawab, dengan hasil self-assesment sebesar 91,67%, peer-assessment sebesar 86,11% dan hasil observasi mencapai 87,96% dalam kategori sangat baik. Hasil uji t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai Sig. 0,003 untuk self-assessment dan 0,002 untuk peerassessment (Sig. < 0,05), serta nilai t hitung lebih besar dari t tabel. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran project citizen terbukti efektif dalam mengembangkan nilai-nilai antikorupsi peserta didik dan dapat menjadi alternatif model pembelajaran dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Kata Kunci: Antikorupsi, Model Pembelajaran, Nilai-Nilai, Project Citizen, Quasy Experiment
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) |
Pengguna Deposit: | 2308408497 . Digilib |
Date Deposited: | 15 May 2025 01:49 |
Terakhir diubah: | 15 May 2025 01:51 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86981 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |