PROSES PENGEMBANGAN GERAK TARI LAMPUNG PADA PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER TARI DI SMA NEGERI 1 PRINGSEWU

Resi, Aprilisa (2024) PROSES PENGEMBANGAN GERAK TARI LAMPUNG PADA PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER TARI DI SMA NEGERI 1 PRINGSEWU. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK REVISI - Resi Aprilia.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL tanpa LAMPIRAN - Resi Aprilia.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2379Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi tanpa bab pembahasan - Resi Aprilia.pdf

Download (1947Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan gerak tari yang dihasilkan peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler tari di SMA Negeri 1 Pringsewu. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif menggunakan metode dan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap guru dan 7 orang siswa. Teori Behavioristik digunakan dalam penelitian ini karena pada proses pengembangan gerak menekankan kepada siswa untuk merespon stimulus yang diberikan oleh guru. Proses pengembangan gerak yang dihasilkan siswa pada kegiatan esktrakurikuler tari di SMA Negeri 1 Pringsewu tersebut didapatkan dengan mengembangkan gerak-gerak dasar tari Lampung, dan dilakukan melalui tahap eksplorasi dan improvisasi dengan memperhatikan elemen dasar gerak yaitu ruang, waktu dan tenaga. Adanya stimulus yang diberikan oleh guru berupa rangsang kinestetik, rangsang auditif, dan rangsang gagasan yang bertujuan untuk merangsang kreativitas masing-masing peserta didik, sementara tahap komposisi gerak dilakukan untuk menggabungkan gerakan yang sudah didapatkan dengan dibantu oleh pelatih/guru kegiatan ekstrakurikuler. Kata kunci : pengembangan gerak, stimulus, respon, SMA N 1 Pringsewu This study aims to describe the process of developing dance movements produced by students in extracurricular dance activities at SMA Negeri 1 Pringsewu. This research is descriptive qualitative using methods and data collection techniques, interviews, observation and documentation of teachers and 7 students. Behavioristic theory is used in this study because the motion development process emphasizes students to respond the stimulus that given by the teacher. The motion development process produced by students in dance extracurricular activities at SMA Negeri 1 Pringsewu is obtained by developing the basic movements of Lampung dance, and is carried out through exploration and improvisation stages by paying attention to the basic elements of motion, space, time and energy. The stimulus provided by the teacher in the form of kinesthetic stimulation, auditive stimulation, and stimulation of ideas which aims to stimulate the creativity of each student, while the motion composition stage is carried out to combine the movements that have been obtained with the assistance of the trainer/teacher of extracurricular activities. Keywords: movement development, stimulus, response, SMA N 1 Pringsewu

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 14 May 2025 04:27
Terakhir diubah: 14 May 2025 04:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87041

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir