ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI POKOK BIOTEKNOLOGI DENGAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY BERBASIS STEM

Fathiyah, Ghina Ar Khansa (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI POKOK BIOTEKNOLOGI DENGAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY BERBASIS STEM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1572Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pokok Bioteknologi dengan model Argument-Driven Inquiry berbasis STEM di SMA Negeri 1 Trimurjo. Penelitian ini termasuk jenis quasy experiment dengan desain pre-test post-test non-equivalent control group. Subjek penelitian terdiri dari 63 siswa kelas X yang diambil dari populasi berjumlah 158 siswa melalui teknik random sampling. Data kemampuan pemecahan masalah diperoleh melalui tes dan dianalisis menggunakan uji Independent sample t-test. Sementara itu, data tanggapan siswa terhadap model ADI-STEM dikumpulkan melalui angket dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada nilai N-Gain (P<0,05) antara kelas yang menggunakan model ADI-STEM dengan model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Pada kelas eksperimen, indikator kemampuan pemecahan masalah tertinggi adalah merencanakan penyelesaian masalah dengan N-Gain sebesar 0,720 (kategori tinggi), sedangkan indikator terendah adalah memeriksa kembali hasil dengan N-Gain sebesar 0,420 (kategori sedang). Di sisi lain, pada kelas kontrol, kemampuan pemecahan masalah siswa yang tertinggi adalah merencanakan penyelesaian masalah dengan N-Gain sebesar 0,387 (kategori sedang), sedangkan indikator terendah adalah melaksanakan penyelesaian masalah dengan N-Gain sebesar 0,250 (kategori rendah). Berdasarkan hasil angket tanggapan siswa, didapatkan rata-rata persentase 91,601% yang menunjukkan bahwa menurut siswa, model Argument-Driven Inquiry berbasis STEM sangat baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Argument-Driven Inquiry berbasis STEM, Bioteknologi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308247079 . Digilib
Date Deposited: 19 May 2025 08:19
Terakhir diubah: 19 May 2025 08:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87072

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir