Fathiyah, Ghina Ar Khansa (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI POKOK BIOTEKNOLOGI DENGAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY BERBASIS STEM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1572Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pokok Bioteknologi dengan model Argument-Driven Inquiry berbasis STEM di SMA Negeri 1 Trimurjo. Penelitian ini termasuk jenis quasy experiment dengan desain pre-test post-test non-equivalent control group. Subjek penelitian terdiri dari 63 siswa kelas X yang diambil dari populasi berjumlah 158 siswa melalui teknik random sampling. Data kemampuan pemecahan masalah diperoleh melalui tes dan dianalisis menggunakan uji Independent sample t-test. Sementara itu, data tanggapan siswa terhadap model ADI-STEM dikumpulkan melalui angket dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada nilai N-Gain (P<0,05) antara kelas yang menggunakan model ADI-STEM dengan model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Pada kelas eksperimen, indikator kemampuan pemecahan masalah tertinggi adalah merencanakan penyelesaian masalah dengan N-Gain sebesar 0,720 (kategori tinggi), sedangkan indikator terendah adalah memeriksa kembali hasil dengan N-Gain sebesar 0,420 (kategori sedang). Di sisi lain, pada kelas kontrol, kemampuan pemecahan masalah siswa yang tertinggi adalah merencanakan penyelesaian masalah dengan N-Gain sebesar 0,387 (kategori sedang), sedangkan indikator terendah adalah melaksanakan penyelesaian masalah dengan N-Gain sebesar 0,250 (kategori rendah). Berdasarkan hasil angket tanggapan siswa, didapatkan rata-rata persentase 91,601% yang menunjukkan bahwa menurut siswa, model Argument-Driven Inquiry berbasis STEM sangat baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Argument-Driven Inquiry berbasis STEM, Bioteknologi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2308247079 . Digilib |
Date Deposited: | 19 May 2025 08:19 |
Terakhir diubah: | 19 May 2025 08:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87072 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |