DISKRIMINASI GENDER DALAM FILM LIKE & SHARE KARYA GINA S. NOER TINJAUAN FEMINISME DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Nisa , Aulia Antonia (2024) DISKRIMINASI GENDER DALAM FILM LIKE & SHARE KARYA GINA S. NOER TINJAUAN FEMINISME DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Nisa Aul antonia.pdf

Download (242Kb) | Preview
[img] File PDF
full skripsi tanpa lampiran - Nisa Aul antonia.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1582Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
skripsi tanpa bab pembahasan & lampiran - Nisa Aul antonia.pdf

Download (1359Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk diskriminasi gender dalam film Like & Share karya Gina S. Noer tinjauan feminisme dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk diskriminasi gender tokoh perempuan berupa marginalisasi, subordinasi, streotipe, kekerasan (Violence), dan beban kerja ganda pada film Like & Share karya Gina S. Noer. Kemudian mendeskripsikan implikasi penelitian pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah film Like & Share yang distrudarai oleh Gina S. Noer. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa transkipsi dialog antartokoh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik dokumentasi dan wawancara terhadap guru Bahasa Indonesia di SMA. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis model interaktif hingga data yang didapat mencapai titik jenuh. Berdasarkan hasil analisis ditemukan data diskriminasi gender dalam film yang meliputi data marginalisasi, subordinasi, streotipe, dan kekerasan (Violence). Hasil penelitian ini diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan Kurikulum Merdeka kelas XI SMA dalam bentuk modul ajar. Secara khusus akan diimplikasikan pada materi drama “Mengembangkan Apresiasi Drama Bertema Pendidikan”. Capaian Pembelajaran fase F, dengan elemen menyimak, berbicara dan mempresentasikan, serta dimensi Profil Pelajar Pancasila yang terkait ialah berkebinekaan global, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif. Kata kunci: Feminisme, Diskriminasi Gender, Film

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 15 May 2025 03:55
Terakhir diubah: 15 May 2025 03:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87089

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir