PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MASALAH TANAH MASAM BERORIENTASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Anang , Puguh Alfani (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MASALAH TANAH MASAM BERORIENTASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1713023049_Anang Puguh Alfani_SKRIPSI ABSTRAK - Anang Puguh Alfani.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img] File PDF
1713023049_Anang Puguh Alfani_SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN - Anang Puguh Alfani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
1713023049_Anang Puguh Alfani_SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN TANPA LAMPIRAN - Anang Puguh Alfani.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis masalah tanah masam, mendeskripsikan karakteristik, validitas dan respon guru & peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model Thiagarajan sampai pada tahap ketiga yaitu pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Instrumen dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara guru, angket analisis peserta didik, angket validasi, angket uji respon guru dan angket uji respon peserta didik. Sumber data pada tahap analisis awal diperoleh dari tiga guru kimia dan 55 peserta didik kelas XI, dari tiga sekolah berbeda yaitu SMAN 1 Pringsewu, SMAN 1 Metro dan SMAN 9 Bandar Lampung. Sumber data pada tahap pengembangan terdiri dari dua validator ahli, dua guru kimia dari SMAN 5 Bandar Lampung, satu guru kimia dari SMAN 9 Bandar Lampung, dan 49 peserta didik dari kedua sekolah tersebut. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Karakteristik LKPD yang di- kembangkan mengikuti tahapan pembelajaran berbasis masalah (PBM) yaitu ta- hap orientasi peserta didik terhadap masalah tanah masam, mengorganisasi pe- serta didik untuk belajar, membantu penyelidikan mandiri dan kelompok dalam mencari solusi masalah tanah masam, mengembangkan dan menyajikan hasil karya berupa prosedur praktikum pemecahan masalah tanah masam, serta meng- analisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah tanah masam. Hasil valid- asi pada aspek isi, konstruksi, serta kemenarikan dan kemudahan pengguna ma- suk dalam kategori sangat tinggi, artinya produk yang dikembangkan valid. Hasil uji coba terbatas dengan responen guru pada aspek isi, konstruksi, serta ke- menarikan dan kemudahan pengguna, serta responden peserta didik pada aspek kemenarikan dan kemudahan pengguna mendapatkan hasil dengan kategori sangat tinggi. Dengan demikian, LKPD yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci : LKPD, pembelajaran berbasis masalah, tanah masam

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 16 May 2025 02:40
Terakhir diubah: 16 May 2025 02:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87147

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir