IMPLIKATUR PERCAKAPAN PERUNDUNGAN VERBAL PADA FILM BUDI PEKERTI YANG DISUTRADARAI OLEH WREGAS BHANUTEJA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

LUTHVI AULIA, SAHIRA (2025) IMPLIKATUR PERCAKAPAN PERUNDUNGAN VERBAL PADA FILM BUDI PEKERTI YANG DISUTRADARAI OLEH WREGAS BHANUTEJA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1853Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1785Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini mengkaji implikatur percakapan mengenai perundungan verbal pada film Budi Pekerti karya Wregas Bhanuteja dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implikatur percakapan mengenai perundungan verbal pada film Budi Pekerti karya Wregas Bhanuteja dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini dari film Budi Pekerti karya Wregas Bhanuteja. Data dalam penelitian ini berupa percakapan antartokoh dalam film Budi Pekerti karya Wregas Bhanuteja yang mengandung implikatur percakapan mengenai perundungan. Data dikumpulkan menggunakan teknik baca dan catat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam film Budi Pekerti karya Wregas Bhanuteja ditemukan implikatur percakapan mengenai perundungan verbal yang terdiri atas implikatur konvensional terkait dengan makna yang dapat dipahami secara umum tanpa bergantung pada konteks tertentu dan implikatur nonkonvensional terkait dengan makna tersirat dari konteks tertentu dalam bullying. Implikatur percakapan yang banyak ditemukan adalah implikatur nonkonvensional dibandingkan dengan implikatur konvensional. Hasil penelitian ini diimplikasikan dalam pengembangan bahan ajar dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI fase F, dengan tema "Mengembangkan Apresiasi Drama Bertema Pendidikan" dengan elemen pembelajaran Menyimak.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 400 Bahasa > 402 Aneka ragam tentang ilmu bahasa
400 Bahasa > 404 Topik khusus bahasa
400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2308375525 . Digilib
Date Deposited: 20 May 2025 07:41
Terakhir diubah: 20 May 2025 07:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87165

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir