LUTHVI AULIA, SAHIRA (2025) IMPLIKATUR PERCAKAPAN PERUNDUNGAN VERBAL PADA FILM BUDI PEKERTI YANG DISUTRADARAI OLEH WREGAS BHANUTEJA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1853Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (1785Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini mengkaji implikatur percakapan mengenai perundungan verbal pada film Budi Pekerti karya Wregas Bhanuteja dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implikatur percakapan mengenai perundungan verbal pada film Budi Pekerti karya Wregas Bhanuteja dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini dari film Budi Pekerti karya Wregas Bhanuteja. Data dalam penelitian ini berupa percakapan antartokoh dalam film Budi Pekerti karya Wregas Bhanuteja yang mengandung implikatur percakapan mengenai perundungan. Data dikumpulkan menggunakan teknik baca dan catat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam film Budi Pekerti karya Wregas Bhanuteja ditemukan implikatur percakapan mengenai perundungan verbal yang terdiri atas implikatur konvensional terkait dengan makna yang dapat dipahami secara umum tanpa bergantung pada konteks tertentu dan implikatur nonkonvensional terkait dengan makna tersirat dari konteks tertentu dalam bullying. Implikatur percakapan yang banyak ditemukan adalah implikatur nonkonvensional dibandingkan dengan implikatur konvensional. Hasil penelitian ini diimplikasikan dalam pengembangan bahan ajar dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI fase F, dengan tema "Mengembangkan Apresiasi Drama Bertema Pendidikan" dengan elemen pembelajaran Menyimak.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 400 Bahasa > 402 Aneka ragam tentang ilmu bahasa 400 Bahasa > 404 Topik khusus bahasa 400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 2308375525 . Digilib |
Date Deposited: | 20 May 2025 07:41 |
Terakhir diubah: | 20 May 2025 07:41 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87165 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |