Dewi, Sri Rizki Wulandari (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON UNTUK MENIGKATKAN CRITICAL THINKING PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
ABSTRAK - Dewi Sri Rizki Wulandari.pdf Download (152Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
TESIS FULL - Dewi Sri Rizki Wulandari.pdf Restricted to Hanya staf Download (1718Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - Dewi Sri Rizki Wulandari.pdf Download (1680Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan mengembangkan video animasi berbasis Powtoon yang diharapkan untuk meningkatkan critical thinking peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian menurut ADDIE dengan lima tahapan yang Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation. Teknik, populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Kalianda, sampel dalam penelitian ini adalah IV A sebagai kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini meliputi kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan prosuk. Kelayakan produk dilihat dari hasil validasi produk tergolong valid, pada segi materi menunjukkan rata-rata indeks aiken 0,808, segi bahasa menunjukkan rata-rata sebesar 0,958. Segi media menunjukkan rata-rata sebesar 0,608. Kepraktisan produk sdapat dilihat dari rata-rata persentase respon pendidik sebesar 90% dengan interpretasi sangat praktis, sedangkan respon peserta didik sebesar 89% dengan interpretasi sangat praktis. Efektivitas produk dapat dilihat berdasarkan hasil perbandingan peningkatan keterampilan critical thinking peserta didik pada kedua sampel yaitu kelas eksperimen menggunakan produk dan kelas kontrol tidak menggunakan produk. Berdasarkan hasil rekaptulasi membuktikan bahwa pada kelas eksperimen mendapatkan nilai effect size yang didapatkan pada penelitian ini sebesar 0,798 dengan interpretasi tinggi. Hal ini tersebut membuktikan bahwasanya berdasarkan hasil perbandingan kelas eksperimen yang menggunakan media video animasis berbasis Powtoon dan kelas kontrol yang tidak menggunakan produk memiliki rentang nilai yang besar berdasarkan uji effect size. Kata kunci : Crirical Thinking, Media video animasi This research aimed to develop animated videos based on Powtoon, which expected to improve students’ critical thinking. This research used research methods according to ADDIE with five stages, that were Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Technically, the population of this study was students of grade IV of Kalianda State Elementary School 3, while the samples in this study were students of IV A as an experimental class and students of IV B as a control class. The results of this study include feasibility, practicality, and effectiveness of product. Product feasibility seen from the results of product validation classified as valid, in terms of material, it showed the average aiken index of 0.808, and in terms of language, it showed an average of 0.958. The media aspect showed an average of 0.608. Product practicality can be seen from the average percentage of educators’ responses of 90% with very practical interpretations, while students’ responses of 89% with very practical interpretations. The effectiveness of the product can be seen based on the comparative results of improving the critical thinking skills of students in both samples, which showed that the experimental class used the product and the control class did not use the product. Based on the results of the recapitulation, it proven that in the experimental class, the effect size value obtained in this study was 0.798 with high interpretation. It proved that based on the results of a comparison of experimental classes that used Powtoon-based video animation media and control classes that did not use products have a large range of values based on the effect size test. Keywords: Critical Thinking, Animated video media.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Keguruan Guru SD (KGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 19 May 2025 03:04 |
Terakhir diubah: | 19 May 2025 03:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87222 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |