GITA, AURALIE (2024) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA TERHADAP MATERI ARITMATIKA SOSIAL (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 29 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023). FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Mahasiswa Unila.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL - Kak Dan.pdf Restricted to Hanya staf Download (2173Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Kak Dan.pdf Download (1752Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara komprehensif kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Subjek penelitian ini adalah 59 siswa sekolah menengah pertama yang telah mendapatkan pembelajaran aritmatika sosial. Data penelitian ini merupakan data kualitatif tentang pemahaman konsep matematis siswa yang diperoleh melalui tes hasil belajar dan wawancara. Analisis dilakukan melalui 3 aktivitas yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada penelitian ini, ditemukan beberapa analisis pemahaman konsep pada indikator kesalahan utama yang perlu dijadikan perhatian karena banyaknya siswa yang melakukan kesalahan pada indikator pemahaman konsep tersebut. Pemahaman konsep pada indikator kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa pada penelitian ini ialah kesalahan pemahaman konsep pada indikator menafsirkan dan menggunakan konsep yaitu dalam hal mendefinisikan aritmatika sosial sebagai suatu peubah yang memiliki nilai dan dapat berubah dalam suatu cakupan soal. Indikator pemahaman konsep berikutnya ialah banyaknya kesalahan pada indikator kesalahan prinsip, karena menggunakan metode cepat akibat tidak memahami prinsip pemahaman konsep yang menyamakan kedua ruas yaitu dengan memberikan perlakuan atau operasi yang sama pada kedua ruas. Selain itu, terdapat juga beberapa siswa yang memiliki kecenderungan untuk menyelesaikan soal tidak menjabarkan permasalahannya terlebih dahulu sehingga menyebabkan terjadinya kesalahan pada pemahaman konsep. Kata kunci : pemahaman konsep, analisis kesalahan, aritmatika sosial
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 19 May 2025 06:05 |
Terakhir diubah: | 19 May 2025 06:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87263 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |