Tasya , Adellia Ayu Putri (2024) PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR INDOOR OUTDOOR DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
abstrak (1) - Tasya A.A.P.pdf Download (118Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
skripsi full-1 - Tasya A.A.P.pdf Restricted to Hanya staf Download (1696Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
skripsi tanpa bab pembahasan- - Tasya A.A.P.pdf Download (1750Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan pengelolaan lingkungan belajar indoor outdoor dalam pendidikan anak usia dini. Jenis penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengambilan data dengan menggunakan teknik random sampling sebanyak 53 guru di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Kecamatan Metro Timur. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan guru memiliki skor pengelolaan lingkungan belajar indoor-outdoor berada pada kategori baik (49,06%). Hal ini ditunjukkan dari hasil tujuh indikator pengelolaan lingkungan belajar indoor-outdoor, yaitu penataan ruangan indoor berada pada kategori baik (45,28%), jenis ruangan indoor berada pada kategori baik (47,17%), pemilihan perlengkapan belajar indoor berada pada kategori baik (47,17%), setting area indoor berada pada kategori baik (35,85%), suasana psikologis yang kondusif pada ruangan outdoor berada pada kategori baik (54,72%), penataan area bermain outdoor berada pada kategori baik (35,85%), dan spesifikasi lingkungan belajar outdoor berada pada kategori baik (58,49%). Berdasarkan hasil analisis tersebut diharapkan bahwa setiap lembaga PAUD dapat mengoptimalkan kembali pengelolaan lingkungan belajar indoor maupun outdoor. Kata Kunci: anak, indoor, pengelolaan, outdoor. This research aims to identify the management of indoor-outdoor learning environments in early childhood education. This type of research uses quantitative descriptive methods. Data were collected from 53 teachers at Early Childhood Education institutions in Kecamatan Metro Timur using random sampling techniques—data collection by using questionnaire techniques and analyzing the data by using descriptive analysis. The research results show that overall teachers have a score for indoor-outdoor learning environment management in good category (49.06%). This is shown from the results of seven indicators of indoor- outdoor learning environment management that is the arrangement of indoor rooms is in good category (45.28%), the type of indoor room is in good category (47.17%), the selection of indoor learning equipment is in a good category (47.17%), indoor area settings are in good category (35.85%), the conducive psychological atmosphere in outdoor spaces are in good category (54.72%), outdoor play area settings are in good category (35 .85%), and the specifications of the outdoor learning environment are in good category (58.49%). Based on the above analysis results, it is hoped that each PAUD institution can re-optimize the management of indoor-outdoor learning environments. Keywords: children, indoor, management, outdoor.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 20 May 2025 07:05 |
Terakhir diubah: | 20 May 2025 07:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87332 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |