NILAI SOSIAL DALAM NOVEL AKU TAK MEMBENCI HUJAN KARYA SRI PUJI HARTINI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

APRILIA DWI , ANGGORO (2025) NILAI SOSIAL DALAM NOVEL AKU TAK MEMBENCI HUJAN KARYA SRI PUJI HARTINI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (932Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMABAHASAN.pdf

Download (796Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini membahas tentang nilai sosial dalam novel Aku Tak Membenci Hujan karya Sri Puji Hartini dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Masalah dalam penelitian ini, yaitu menganalisis nilai-nilai sosial yang terdapat dalam dalam novel Aku Tak Membenci Hujan karya Sri Puji Hartini dan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai sosial yang terdapat dalam novel Aku Tak Membenci Hujan karya Sri Puji Hartini dan mengimplikasikan hasil penelitian ini pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Aku Tak Membenci Hujan karya Sri Puji Hartini. Data dalam penelitian ini berupa percakapan antartokoh ataupun narasi dalam novel yang mengandung nilai-nilai sosial. Data dikumpulkan menggunakan teknik baca dan mencatat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data jenis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel Aku Tak Membenci Hujan karya Sri Puji Hartini terdapat 35 data dari hasil nilai-nilai sosial yang terbagi menjadi 11 indikator, meliputi indikator pengabdian kasih sayang guru terhadap siswa, tolong-menolong antar teman, kekeluargaan antara anak dan ibu, kesetiaan antara suami dan istri, kepedulian antar teman, nilai rasa saling memiliki antara suami dan istri, disiplin dalam menyelesaikan tugas, empati atara anak dan ibu, keadilan antara anak dengan bapak, toleransi sesama teman, dan kerja sama antar teman. Hasil penelitian ini diiplementasikan dalam Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdasarkan capaian pembelajaran (CP) fase F, berupa nilai sosial, yang diimpikasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Kelas XI fase F terkait mengidentifikasi dan mengaplikasikan nilai-nilai kehidupan dalam novel. Kata kunci: mimetik, nilai sosial, novel

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 400 Bahasa
800 Kesusastraan, retorika, dan kritikan > 807 Pendidikan, riset penelitian dan topik terkait kesusastraan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2308505952 . Digilib
Date Deposited: 22 May 2025 03:08
Terakhir diubah: 22 May 2025 03:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87366

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir