PENGARUH MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

ANNISA INDAH, SAPUTRI (2025) PENGARUH MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (172Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3371Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2782Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V pada pembelajaran pendidikan pancasila. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif learning tipe teams games tournament terhadap hasil belajar pendidikan pancasila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling dengan jumlah populasi sebanyak 82 peserta didik dan sampel yang terdiri dari 55 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non-tes berupa lembar observasi. Hasil uji N-gain pada kelas eksperimen menunjukkan nilai mean = 0,4577 dan pada kelas kontrol nilai mean = 0,2669. Persentase ketercapaian (nilai ≥ 70) pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 70,4% > 53,6%, artinya implementasi model kooperatif learning teams games tournament terhadap hasil belajar pendidikan pancasila pada peserta didik kelas V sekolah dasar lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran di kelas kontrol. Terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model kooperatif learning tipe teams games tournament terhadap hasil belajar pendidikan pancasila peserta didik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308914907 . Digilib
Date Deposited: 22 May 2025 03:40
Terakhir diubah: 22 May 2025 03:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87372

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir