Sabrina , Ramadhanti (2024) IDENTIFIKASI OBJEK DAYA TARIK WISATA DENGAN PUSH DAN PULL FACTOR DI DESA WISATA PULAU PAHAWANG, KABUPATEN PESAWARAN, LAMPUNG. PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Sabrina Ramadhanti.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL - Sabrina Ramadhanti.pdf Restricted to Hanya staf Download (2930Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Sabrina Ramadhanti.pdf Download (1693Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Desa Wisata Pulau Pahawang merupakan salah satu destinasi wisata yang sedang diminati oleh para wisatawan di era sekarang. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis objek daya tarik wisatawan yang dikelola oleh pengelola dengan perannya untuk mengembangkan dengan berdasarkan pull factor dan push factor yang berpengaruh terhadap minat berkunjung bagi wisatawan di Desa Wisata Pulau Pahawang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-Febuari 2024 pada waktu peak session dengan pengumpulan data dilakukan wawancara terbuka kepada pengelola dan wawancara tertutup menggunakan kuesioner kepada wisatawan. Jumlah responden menggunakan 100 responden dengan menentukan sampel secara purposive sampling yang menggunakan batas eror sebesar 10%. Potensi wisata yang terdapat di Pulau Pahawang terdiri dari wisata pantai, wisata mangrove, wisata bawah laut (snorkeling) dan juga wisata terumbu karang. Pull factor yang sangat berpengaruh dari wisatawan yaitu adanya perkembangan pada faktor daya tarik lingkungan. Push factor dari bentuk dorongan dari wisatawan yaitu melakukan petualangan dalam perjalanan wisata. Pengaruh pull factor dan push factor sangat signifikan. Adanya pull factor semakin meningkatnya daya tarik yang diperkuat oleh pengelola akan membuat pengunjung untuk melakukan kunjungan berulang, sedangkan pada push factor adanya motivasi diri sendiri sangat berpengaruh dalam mengambil keputusan berkunjung. Kata kunci : Pull Factor, Push Factor, Pulau Pahawang, Daya Tarik, wisata Pahawang Island Tourism Village is one of the tourist destinations that is in demand by tourists in the current era. Therefore, this research was conducted to analyze the object of tourist attraction managed by the manager with its role to develop based on pull factors and push factors that influence visiting interest for tourists in Pahawang Island Tourism Village. This research was conducted in January-February 2024 at peak session time with data collection conducted open interviews to managers and closed interviews using questionnaires to tourists. The number of respondents used 100 respondents by determining the sample by purposive sampling which uses an error limit of 10%. The tourism potential found on Pahawang Island consists of beach tourism, mangrove tourism, underwater tourism (snorkeling) and also coral reef tourism. Pull factor that is very influential from tourists is the development of environmental attractiveness factors. Push factor from the form of encouragement from tourists is to take an adventure on a tour. The influence of pull factors and push factors is very significant. The existence of a pull factor that increases the attractiveness strengthened by the manager will make visitors to do repeated visits, while in the push factor, selfmotivation is very influential in making visiting decisions. Keywords: Pull Factor, Push Factor, Pahawang Island, Attraction, tourism
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan |
Program Studi: | FAKULTAS PERTANIAN (FP) & PASCASERJANA > Prodi S1 Kehutanan |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 21 May 2025 02:16 |
Terakhir diubah: | 21 May 2025 02:16 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87395 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |