PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 32 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024)

Devita , Sari (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 32 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Devita Sari.pdf

Download (175Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Devita Sari.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1772Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Devita Sari.pdf

Download (1719Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024 dengan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tujuh berjumlah sebanyak 320 siswa yang terbagi ke dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII.F sebagai kelas eksperimen sebanyak 33 siswa dan VII.G sebagai kelas kontrol sebanyak 35 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling melalui kegiatan pengundian. Penelitian kuantitatif jenis eksperimen kuasi dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Data penelitian diperoleh melalui pemberian tes kemampuan representasi matematis berupa soal uraian dengan materi rasio dan proporsi. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh bahwa perubahan kemampuan representasi matematis siswa pada kelas kontrol yang mengikuti pembelajaran konvensional meningkat sebesar 15% dan lebih tinggi dibandingkan dengan kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran dengan model PBL yang meningkat hanya sebesar 6%. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa model PBL tidak berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci : problem based learning, representasi matematis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 21 May 2025 03:29
Terakhir diubah: 21 May 2025 03:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87421

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir