ANALISIS STRATEGI BISNIS DENGAN PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY PADA BANANA LUMER BY IRAWANCHIP & KERIPIK PISANG CI’MOTDI KOTA BANDAR LAMPUNG

Andra , Iqbal Mashuri (2025) ANALISIS STRATEGI BISNIS DENGAN PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY PADA BANANA LUMER BY IRAWANCHIP & KERIPIK PISANG CI’MOTDI KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (228Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1242Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1143Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Strategi bisnis adalah rencana perusahaan untuk mencapai tujuan, mencakup identifikasi peluang dan tantangan pasar serta pengembangan taktik untuk menghadapinya. Provinsi Lampung merupakan salah satu daerah penghasil pisang terbesar, memiliki banyak perusahaan keripik pisang, sehingga persaingan industri ini semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan strategi Blue ocean oleh Banana Lumer by Irawanchips dan Keripik Pisang Ci’mot. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi, serta analisis menggunakan teknik reduksi data, kanvas strategi, dan skema hapuskan-kurangi-tingkatkan-ciptakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Banana Lumer by Irawanchips telah menawarkan nilai unik dibanding pesaing, tercermin dari penskoran pada Blue ocean idea index. Data menunjukkan respons positif terhadap kepuasan pelanggan, harga, dan biaya, meskipun ada keraguan pada dimensi pengadopsian strategi, sehingga banana lumer by irawanchip masih memerlukan peningkatan dalam pengadopsian strategi untuk mempertahankan penerapan blue ocean strategy. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Banana Lumer telah menerapkan strategi Blue ocean. Sebaliknya, Keripik Pisang Ci’mot masih menawarkan nilai yang sama dengan pesaing. Responden memberikan jawaban positif hanya pada dimensi harga dan biaya, sementara untuk kepuasan pelanggan dan pengadopsian strategi terdapat respon negatif dan keraguan, Yang menunjukkan bahwa mereka masih menerapkan Red ocean Strategy. Oleh karena itu, Keripik Pisang Ci’mot perlu meningkatkan kepuasan pelanggan dan pengadopsian strategi agar dapat bertransisi dari Red ocean Strategy menjadi Blue ocean Strategy Kata Kunci : Strategi Samudera Biru, Strategi Bisnis, Keripik Pisang.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS (FEB) > Prodi S1-Manajemen
Pengguna Deposit: 2308858362 . Digilib
Date Deposited: 23 May 2025 03:30
Terakhir diubah: 23 May 2025 03:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87428

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir