IMPLEMENTASI LKPD IPAS UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Shofia, Habibah (2024) IMPLEMENTASI LKPD IPAS UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK SKRIPSI SHOFIA HABIBAH - Shofia Habibah.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL SHOFIA HABIBAH TANPA LAMPIRAN - Shofia Habibah.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2027Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL SHOFIA HABIBAH TANPA BAB PEMBAHASAN - Shofia Habibah (1).pdf

Download (2076Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah peserta didik saat proses pembelajaran kurangnya kemampuan pemecahan masalah, pembelajaran masih berpusat pada pendidik, dan pendidik masih terpaku memberi materi pelajaran hanya dengan buku pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi LKPD IPAS untuk pengembangan kemampuan pemecahan masalah peserta didik di sekolah dasar. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen menggunakan metode one group pretest-posttest design dan desain pre-experimental design yang tidak melibatkan variabel kontrol. Populasi penelitian ini yaitu berjumlah 85 peserta didik dan sampel berjumlah 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik di sekolah dasar pada penerapan LKPD IPAS. Kata kunci : IPAS, LKPD, masalah The problem with this research is that students during the learning process lack problem solving abilities, learning is still centered on educators, and educators are still focused on providing learning material only with educators' books. This research aims to determine the implementation of IPAS LKPD to develop students' problem solving abilities in elementary schools. The research used is quantitative research with an experimental approach using the one group pretest- posttest design method and a pre-experimental design which does not involve control variables. The population of this research was 85 students and the sample was 27 students. This research data collection technique uses observation and tests. The results of this research show that there is an increase in the problem solving abilities of students in elementary schools when implementing the IPAS LKPD. Keywords: IPAS, LKPD, problem

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 May 2025 03:11
Terakhir diubah: 22 May 2025 03:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87501

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir