Nadia , Kartika (2024) KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN BERNYANYI LAGU DAERAH DI SMA NEGERI 3 MARTAPURA DALAM PERSPEKTIF GRAHAM WALLAS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
File ABSTRAK - Nadia Kartika.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
File Full Skripsi (Tanpa Lampiran) - Nadia Kartika.pdf Restricted to Hanya staf Download (1644Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
File Full Skripsi (Tanpa Pembahasan) - Nadia Kartika.pdf Download (1086Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan mengenai kreativitas siswa pada pembelajaran bernyanyi lagu daerah di SMA Negeri 3 Martapura dalam perspektif Graham Wallas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan secara lebih detail mengenai sebuah kejadian. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperkuat data hasil penelitian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kreativitas mencakup strategi pembelajaran, dan proses pembelajaran dalam bernyanyi lagu daerah. Hasil yang diperoleh bahwa kegiatan pembelajaran bernyanyi lagu daerah terbagi ke dalam dua tahapan pembelajaran yaitu materi dan praktik. Setiap proses pembelajaran yang dilakukan merupakan bagian dari proses kreativitas. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa kreativitas siswa pembelajaran bernyanyi lagu daerah dapat ditemui pada keempat proses kreativitas, namun peran guru dalam mengarahkan dan meningkatkan kreativitas sangat penting. Kata Kunci: Kreativitas, Strategi Pembelajaran, Lagu Daerah. This research aims to know and describe the creativity of students in learning to sing folk songs at SMA Negeri 3 Martapura in the perspective of Graham Wallas. Graham Wallas' perspective. This research uses descriptive qualitative descriptive qualitative research method that aims to explain in more detail about an event. Data collection techniques used in this. The data collection techniques used in this research are observation, interviews, and documentation to strengthen the research data. The theory used in this research is that creativity includes learning strategies, and the learning process in singing folk songs. The results obtained that the learning activities of singing folk songs are divided into two stages of learning, namely material and practice. practice. Every learning process carried out is part of the creativity process. Based on the results obtained, it can be concluded that student creativity in learning to sing folk songs can be found in all four creativity processes. However, the role of the teacher in directing and improving creativity is very important. Keywords: Creativity, Learning Strategy, Singing Regional Songs.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 700 Seni, seni rupa, kesenian > 780 Musik |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Musik |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 22 May 2025 04:02 |
Terakhir diubah: | 22 May 2025 04:02 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87513 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |