PERANAN PENDIDIK DALAM MENGEMBANGKAN CIVIC RESPONSIBILITY TERHADAP DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Salwa, Faadhila Barmuranbi (2024) PERANAN PENDIDIK DALAM MENGEMBANGKAN CIVIC RESPONSIBILITY TERHADAP DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Salwa Faadhila Barmuranbi.pdf

Download (230Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Salwa Faadhila Barmuranbi.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1761Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Salwa Faadhila Barmuranbi.pdf

Download (1662Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya disiplin peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pendidik dalam mengembangkan civic responsibility terhadap disiplin peserta didik di SD Negeri 1 Wates Timur Kabupaten Pringsewu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik, dan peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, lembar observasi yang digunakan untuk mengetahui implementasi sikap disiplin peserta didik, serta dokumentasi untuk memperkuat hasil penelitian. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa dalam mengembangkan civic responsibility pendidik sudah menjalankan peranannya dengan baik, sehingga disiplin peserta didik sesuai dengan indikator yang telah ditentukan sudah terlaksana. Kata Kunci: Disiplin, Peranan Pendidik, Sekolah Dasar. The problem in this research islow level discipline of students in elementary school. This research aims to determine the role of teachers in developing civic responsibility towards student discipline at SD Negeri 1 East Wates, Pringsewu Regency. The research design used is qualitative. The subjects of this research is school principal and educator’s grade IV. Data collection techniques using interview sheets, observation sheets used to determine the implementation of students' disciplinary attitudes, and documentation to strengthen research results. The results of this research it can be know that in developing civic responsibility educators have carried out their role well good, so that discipline character of students in accordance with predetermined indicators has been implemented. Keywords: Elemantary school, dicipline, role of the teacher.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 May 2025 04:15
Terakhir diubah: 22 May 2025 04:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87517

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir