Nilai Perjuangan Tokoh Utama Perempuan dalam Novel Nonik Jamu Karya Rina Suryakusuma dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Tri Buana, Rahajeng Tiasning (2025) Nilai Perjuangan Tokoh Utama Perempuan dalam Novel Nonik Jamu Karya Rina Suryakusuma dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Lampung .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (815Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (716Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini membahas mengenai analisis nilai perjuangan tokoh utama perempuan dalam novel Nonik Jamu karya Rina Suryakusuma, dan bagaimana implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai perjuangan tokoh utama perempuan dalam novel Nonik Jamu karya Rina Suryakusuma dan mengimplikasikan hasil penelitian pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik penelitian studi pustaka (library research). Sumber data penelitian ini yakni novel Nonik Jamu karya Rina Suryakusuma dan data yang digunakan berupa kutipan dalam novel yang mengandung nilai perjuangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik baca dan catat, serta teknik analisis konten untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa novel Nonik Jamu karya Rina Suryakusuma mengandung perjuangan tokoh dan nilai-nilai yang menggambarkan perjuangan tersebut. Data yang ditemukan menunjukkan adanya perjuangan tokoh Kinanti dan Arumi yang berjuang untuk mewujudkan impiannya, membantu meringankan beban keluarga, mengangkat derajat orang tua, memperbaiki kondisi ekonomi keluarga, dan meraih kehidupan yang lebih baik. Berdasarkan perjuangan yang dilakukan kedua tokoh, terdapat nilai-nilai yang dapat dipelajari dari novel tersebut, yakni sabar dalam menghadapi permasalahan hidup, pantang menyerah dan selalu bekerja keras untuk mewujudkan impian, rela berkorban dan tolong menolong, serta saling bekerja sama dalam menghadapi masalah dan mengupayakan kehidupan yang lebih baik. Hasil penelitian kemudian diimplikasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia, yakni untuk merancang kegiatan pembelajaran pada materi teks narasi yang berupa novel dengan dikaitkan pada CP untuk merumuskan tujuan pembelajaran dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang diintegrasikan dengan Profil Pelajar Pancasila. Kata kunci: nilai perjuangan, novel, pembelajaran Bahasa Indonesia

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 800 Kesusastraan, retorika, dan kritikan
800 Kesusastraan, retorika, dan kritikan > 807 Pendidikan, riset penelitian dan topik terkait kesusastraan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: Tiasning Tri Buana Rahajeng
Date Deposited: 23 May 2025 04:37
Terakhir diubah: 23 May 2025 04:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87527

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir