STRATA SOSIAL DALAM NOVEL RASINA KARYA IKSAKA BANU DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

TIARA, HERYA PUTRI (2025) STRATA SOSIAL DALAM NOVEL RASINA KARYA IKSAKA BANU DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (269Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2490Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2254Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strata sosial yang terdapat dalam novel Rasina karya Iksaka Banu dengan menggunakan pendekatan strukturalisme. Analisis dilakukan dengan menggali dan memahami unsur-unsur utama dalam novel, seperti tokoh, alur, latar, tema, dan lain-lain, serta menelusuri keterkaitan antarunsur tersebut dan pengaruhnya terhadap makna serta pesan yang ingin disampaikan oleh penulis. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi implikasi pemahaman tentang strata sosial dalam novel Rasina terhadap pembelajaran sastra di tingkat SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis) dengan sumber data berupa dialog, narasi, deskripsi karakter, dan konflik sosial yang terkandung dalam novel. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pembacaan tekstual, pencatatan, serta pemilihan data relevan. Selanjutnya, analisis data dilakukan dengan tiga langkah utama, yaitu kategorisasi, interpretasi, dan sintesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel Rasina terdapat 312 data dalam tiga kelas sosial, yaitu kelas borjuis, kelas menengah, dan proletar. Ketimpangan sosial yang muncul dalam bentuk ketimpangan upah dan keuntungan serta ketidakadilan sosial yang dihadapi oleh kelompok proletar turut menggambarkan perjuangan kelas dan kesadaran kelas. Kesadaran kelas ini tercermin dalam pemahaman para karakter tentang posisi sosial mereka dan keinginan untuk mengubah keadaan. Implikasi tersebut mencakup penerapan materi analisis unsur intrinsik dan ekstrinsik, yang dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam memahami karya sastra secara lebih mendalam. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya berfokus pada kajian sastra, tetapi juga memberikan kontribusi dalam pengembangan kurikulum pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah, khususnya dalam mengajarkan siswa tentang relevansi isu sosial dalam karya sastra, serta caramenganalisisnya secara kritis. Hal ini diharapkan sesuai dengan tujuan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka, di mana peserta didik dapat mengembangkan pemahaman mendalam tentang isu-isu sosial melalui analisis sastra. Penelitian ini mengusulkan pembuatan modul ajar berbasis pada strata sosial dalam novel Rasina sebagai sarana pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman sosial peserta didik. Kata Kunci: Strata sosial, novel Rasina, implikasi pembelajaran, dan bahasa Indonesia di SMA

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 400 Bahasa
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2308174150 . Digilib
Date Deposited: 23 May 2025 04:55
Terakhir diubah: 23 May 2025 04:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87546

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir