Ihda Febriana Sari, 0853024019 (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (154Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (149Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (129Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (190Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (110Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (165Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (444Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (56Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jati Agung Lampung Selatan T.P 2013/2014) Oleh IHDA FEBRIANA SARI Hasil observasi di kelas VIII SMP Negeri 1 Jati Agung, diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Jigsaw terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes nonequivalen. Sampel penelitian adalah siswa SMP N 1 Jati Agung Lampung Selatan T.P 2013/2014 kelas VIIIa dan VIIIb yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji -t dan uji U. Ihda febriana Sari iii Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari kriteria penilaian aktivitas siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa terjadi dalam semua aspek. Pada aspek bekerja sama dengan teman bernilai (83,33); aspek mempresentasikan hasil penyelidikan/diskusi kelompok (84,44); aspek mengajukan pertanyaan (83,33); dan aspek membuat kesimpulan (81,11). Hasil belajar juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai pretes (28,89); nilai postes (80,83); dan N-gain (72,38). Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model Jigsaw berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar dan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kata kunci : Jigsaw, aktivitas belajar, hasil belajar, pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2166081 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Apr 2015 06:14 |
Terakhir diubah: | 22 Apr 2015 06:14 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8755 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |