EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP

Ihda Febriana Sari, 0853024019 (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER DALAM.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (154Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (149Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (129Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
MOTO.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SANWACANA.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf

Download (190Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf

Download (165Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (444Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jati Agung Lampung Selatan T.P 2013/2014) Oleh IHDA FEBRIANA SARI Hasil observasi di kelas VIII SMP Negeri 1 Jati Agung, diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Jigsaw terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes nonequivalen. Sampel penelitian adalah siswa SMP N 1 Jati Agung Lampung Selatan T.P 2013/2014 kelas VIIIa dan VIIIb yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji -t dan uji U. Ihda febriana Sari iii Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari kriteria penilaian aktivitas siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa terjadi dalam semua aspek. Pada aspek bekerja sama dengan teman bernilai (83,33); aspek mempresentasikan hasil penyelidikan/diskusi kelompok (84,44); aspek mengajukan pertanyaan (83,33); dan aspek membuat kesimpulan (81,11). Hasil belajar juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai pretes (28,89); nilai postes (80,83); dan N-gain (72,38). Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model Jigsaw berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar dan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kata kunci : Jigsaw, aktivitas belajar, hasil belajar, pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> LC Special aspects of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2166081 . Digilib
Date Deposited: 22 Apr 2015 06:14
Terakhir diubah: 22 Apr 2015 06:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8755

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir